Laman

ucapan

Senin, Maret 25, 2013

1.200 Maba UGM Kuliah Gratis

Berita gembira. Sebanyak 18 persen mahasiswa baru Universitas Gadjah Mada (UGM) akan berkuliah secara gratis. Beasiswa ini diberikan kepada para mahasiswa baru yang berhasil lolos seleksi dari berbagai jalur penerimaan.

Para mahasiswa baru yang akan menjadi sasaran program tersebut diutamakan berasal dari keluarga kurang mampu yang berhasil lolos dari berbagai macam seleksi. Bisa melalui pola seleksi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), maupun Ujian Mandiri UGM.

“Kita akan memberikan itu untuk mereka dari keluarga kurang mampu. Program ini nantinya kan didukung anggaran UGM dan CSR dari berbagai lembaga luar,” tutur Rektor UGM Pratikno, seperti dilansir oleh Okezone, Sabtu (23/3/2013).

Pratikno menambahkan, di luar pemberian beasiswa tersebut, UGM masih akan mengucurkan beasiswa bentuk lain sebesar 27 persen. Beasiswa ini tidak mengcover semua biaya, namun sebagian dari biaya kuliah di UGM. “Jadi kurang lebih 45 persen mahasiswa UGM tahun 2013 akan menerima subsidi beasiswa,” katanya.

Terkait pola penerimaan mahasiswa baru, Pratikno mengaku akan tetap mengacu pola kebijakan nasional. Apapun pola seleksi, SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandiri, UGM tetap berkonsenterasi menjaring mahasiswa berdasar kualitas, merepresentasikan sebaran wilayah, dan sebaran status sosial.

Dengan demikian, lanjutnya, pendidikan tinggi yang dipersepsikan hanya untuk orang yang berduit dapat dipatahkan. “Sehingga bukan hanya untuk mereka yang berada di Jogja dan sekitarnya dan bukan hanya untuk mereka yang kaya-kaya,” urai Pratikno.
Pratikno menuturkan, untuk penerimaan mahasiswa baru tahun ini, UGM memberikan perhatian yang besar terhadap pola sebaran 3T, yaitu mereka yang berada di wilayah terdepan, terluar, dan terbelakang. UGM akan terus mendorong hal itu, sekaligus mempromosikan agar mampu menggaet struktur sosial ekonomi yang beragam.

Oleh karena, itu, UGM menetapkan separuh kuota yang dimilikinya untuk diperebutkan para pelajar melalui SNMPTN. “Kanu tahun ini akan menerima sebanyak 6.646 mahasiswa baru dengan perbandingan SNMPTN, SBMPTN , dan UM UGM, 50 : 30 : 20,” imbuhnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentar ANDA