Laman

ucapan

Minggu, Maret 31, 2013

Tryout Matematika UN SMA IPA & IPS

Yuk ....Yak ....Yuk
Tetap Semangat Belajar n Berdoa'e
G yang cah IPA or cah IPS.
Ingat........Ujian Nasional Udah Semakin Dekat.





>> Download << soal latihan ujian nasional MATEMATIKA IPA1
>> Download << soal latihan ujian nasional MATEMATIKA IPA2
>> Download << soal latihan ujian nasional MATEMATIKA IPA3
>> Download << soal latihan ujian nasional MATEMATIKA IPA4
>> Download << soal latihan ujian nasional MATEMATIKA IPA5
>> Download << soal latihan ujian nasional MATEMATIKA IPS1
>> Download << soal latihan ujian nasional MATEMATIKA IPS2
>> Download << soal latihan ujian nasional MATEMATIKA IPS3
>> Download << soal latihan ujian nasional MATEMATIKA IPS4
>> Download << soal latihan ujian nasional MATEMATIKA IPS5


Sabtu, Maret 30, 2013

sukses ujian nasional_matematika kelas XII IPA

Berikut ini adalah Matematika kelas XII IPA
yang ikut menyemarakkan Ujian Nasional.

Tetap semangat n Positif Thinking Nda !!!
Tunjukkan klo kmu bisa n berhasil


Lihat n pelajari materi Matematika IPA
yang sesuai dengan SKL terbarunya
dan arahan dari Bapak n Ibu Gurumu tercinta



oooO DOWNLOAD oooO INTEGRAL
oooO DOWNLOAD oooO PROGRAM LINEAR
oooO DOWNLOAD oooO MATRIK
oooO DOWNLOAD oooO VEKTOR
oooO DOWNLOAD oooO TRANSFORMASI
oooO DOWNLOAD oooO BARISAN dan DERET
oooO DOWNLOAD oooO EKSPONEN dan LOGARITMA

Salam SuksesMulia Selalu
Buatmu Nda


Jumat, Maret 29, 2013

Sepi Peminat , Delapan Jurusan di ITB

Sebanyak delapan jurusan di Institut Teknologi Bandung (ITB) sepi peminat.
Delapan jurusan tersebut adalah jurusan

Astronomi,
Meteorologi,
Oceanografi,
Rekayasa Kehutanan,
Rekayasa Pertanian,
Irigasi,
Kewirausahaan, dan
Pengelolaan Sumber Daya Air.


Demikian dituturkan oleh Koordinator Alumni ITB Peduli Pendidikan, Eddy Purnomo,
Rabu (27/3/2013). Selama ini, di tiap jurusan, kursi yang tersedia di kelas selalu terisi separuhnya. Dengan kondisi tersebut, Eddy mengatakan, siapa saja yang mendaftar untuk jurusan-jurusan tersebut, berpeluang besar untuk diterima sebagai mahasiswa ITB.

"Sebenarnya pilihan jurusan tidaklah terlalu penting.
Yang penting adalah diterima sebagai mahasiswa ITB
terlebih dahulu,"
ujarnya.

sukses ujian nasional_matematika kelas XI IPA

Berikut ini adalah Matematika kelas XI IPA
yang ikut menyemarakkan Ujian Nasional.

Tetap semangat n Positif Thinking Nda !!!
Tunjukkan klo kmu bisa n berhasil


Lihat n pelajari materi Matematika IPA
yang sesuai dengan SKL terbarunya
dan arahan dari Bapak n Ibu Gurumu tercinta


>Download< Statistik
>Download< Peluang
>Download<3gonometri
>Download< Lingkaran
>Download< Suku banyak_Polinomial
>Download< Fungsi & komposisi
>Download< Limit
>Download< Diffrensial / Turunan

Lebih lengkapnya silahkan meluncur disini


Kamis, Maret 28, 2013

sukses ujian nasional_matematika kelas X

Berikut ini adalah Matematika kelas X yang ikut menyemarakkan
Ujian Nasional.
Tetap semangat n Positif Thinking Nda !!!
Lihat n pelajari materi matematika yang sesuai dengan SKL
dan arahan dari Bapak n Ibu Guru
(jangan yang sesuai dengan arahan Eyang SUbur........hehehe)


<download> Pangkat_akar dan Logaritma
<download> Fungsi kuadrat
<download> 3gonome3
<download> SPL_Sistem Persamaan Linear
<download> Dimensi Tiga
<download> Logika


Rabu, Maret 27, 2013

Matematika Cinta

Ini hanya sekedar sebuah lagu Coy.....
cerita nye seperti kyak gni :


Pedangdut Fitri Karlina segera merilis single barunya setelah sebelumnya laris manis dengan lagu 'ABG Tua'. Lagu baru Fitri bertajuk 'Matematika Cinta'.

"Kalau 'ABG Tua' ada unsur etniknya, yang ini dangdut koplo progresif," ujar Fitri ditemui di Hotel Sahid, Jakarta Selatan,

Lagu tersebut adalah ciptaan salah satu band dari label Nagaswara Music. Fitri akan mulai mempromosikan lagu tersebut lewat radio lalu media lainnya seperti TV dan online.

Sembari terus meniti karier bermusiknya, adik Nini Karlina itu pun terus memacu kemampuannya. Fitri kini rajin les vokal untuk terus melatih suara terutama cengkoknya.

"Aku masih otodidak selama ini. Ke sini-sininya aku harus lebih pacu kemampuan, jadi sekarang ada guru vokal aku. Walaupun udah biasa nyanyi tapi teknik-teknik harus dikasih tau. Gimana trik kalau lagi sakit, lagi serak," jelasnya.

nich lyricnya bro

Cintaku ini cinta yang bisa diuji
Meskipun dengan matematika cintaku harga pasti ooh
Karena tak ada alasan untukku tak mencintai kamu
Bila semua yang ku cari-cari dan yang aku mau hanya ada padamu

Coba kau tambah-tambah, kurang-kurang, kali-kali
Dan bagi semua yang ku beri dan yang tak ku beri
Kau kan dapatkan hasilnya pasti sama dengan cinta syalalalala


Kalo mau dengerin n download lagunya langsung adja kesini

Kira - kira kapan ea ada lagu "Matematika Eyang Subur"......???
hehehehehehe

Selasa, Maret 26, 2013

Catatan Seorang sahabat - 14

Sekali_sekali  Masukilah “LORONG WAKTU” 

Pagi ini menghirup udara cap “MAJAPAHIT”
Ya..karena saat ini sy sedang berada sangat dekat dng bekas ibu kota..
Kerajaan Majapahit “TROWULAN”...di MOJOKERTO..
Selepas bersih diri dan rumah “Keluarga Besar” kami ..
Sy sempatkan meminjam sepeda motor ayah utk keliling kota...
Maklum...hari ini tanpa disertai keluarga di Mojokerto,
Krn tdk dlm rangka liburan , melainkan bekerja...
Berbagi dng teman2 PTPN X di mjkerto dan Sidoarjo slma 2 hari..
Dan menginap di rumah orang tua tentu mjd pilihan utamanya..!

Saat motor mulai meluncur pelan...,
Sy rasakan...motor ayah yg usianya hampir 20 tahun...
Ternyata “Lebih Nyaman” dibanding motor sy ..
Yg usianya 14 tahun lebih muda...
”PASTI KARENA BERKAH-dariNYA” Pikir sy...

Selanjutnya klik disini Sob.

Yahoo Beli Aplikasi Buatan Remaja 17 Tahun

Yahoo tampak semakin serius untuk mengembangkan layanan mobile-nya. Hal ini terlihat dari keputusan Yahoo untuk membeli Summly, aplikasi yang menghadirkan berbagai kumpulan berita dengan desain yang menarik.

Summly sendiri sebenarnya adalah sebuah perusahaan startup yang dikembangkan oleh seorang entrepreneur muda asal Inggris, Nick D'Aloisio. Saat ini, D'Aloisio barulah berumur 17 tahun.

D'Aloisio membuat aplikasi Summly dua tahun yang lalu di rumahnya yang terletak di London, Inggris. Walaupun masih relatif baru, Summly ternyata sudah bekerja sama dengan beberapa perusahaan besar, seperti News Corp, perusahaan yang dipimpin oleh raksasa media, Rupert Murdoch.

Untuk masalah pendanaan, selama ini, Summly dibantu oleh investor asal China, Li Ka-Shing. D'Aloisio juga didanai oleh aktor Ashton Kutcher dan Yoko Ono.

Tidak diketahui berapa biaya yang harus dikeluarkan oleh Yahoo untuk membeli Summly. Namun, menurut hasil investigasi situs AllThingsD, kemungkinan besar D'Aloisio telah menjadi jutawan muda baru dengan menerima 30 juta dollar AS langsung dari Yahoo. D'Aloisio akan menerima 90 persen dari uang tersebut dalam bentuk tunai dan sisanya akan berbentuk saham.

Dikutip dari Reuters, Selasa (26/3/2013), Yahoo tidak berencana untuk mengembangkan Summly. Perusahaan yang saat ini dipimpin oleh Marissa Mayer malah berencana untuk menutup layanan tersebut. Sebagai gantinya, Yahoo akan mengintegrasikan Summly ke produk-produk Yahoo lainnya, terutama layanan mobile.

Tiga karyawan Summly sendiri akan bergabung ke Yahoo yang kemungkinan besar akan dilaksanakan pada kuartal kedua tahun 2012 ini. Sementara D'Aloisio akan tetap berada di London dan menjadi karyawan Yahoo termuda.

Soal Ujian Nasional 2013 Seragam

Ujian Nasional (UN) 2013 sedianya akan dilaksanakan serentak pada bulan April untuk jenjang sekolah menengah dan bulan Mei untuk jenjang sekolah dasar (SD). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menyeragamkan soal yang akan diujikan dari Sabang sampai Merauke.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, tidak akan membedakan soal UN untuk siswa di Jakarta dengan siswa di Papua misalnya. Soal yang diberikan akan seragam sesuai dengan kisi-kisi UN yang telah dirilis pada tahun lalu.

"Semua sama sampai ke pelosok Indonesia. Tidak ada yang dibedakan," kata Nuh di Jakarta, Senin (25/3/2012).

Ia menyadari bahwa kualitas pendidikan di tiap daerah berbeda. Namun, untuk masalah UN, pihaknya sudah melaksanakannya tiap tahun dan melakukan kajian mengenai standar soal yang sesuai untuk siswa di seluruh Indonesia sehingga tidak ada kesenjangan.

"Memang benar tidak bisa dibandingkan kota dengan daerah pelosok. Tapi ini kan sudah melalui kajian," jelas Nuh.

Ia juga menegaskan bahwa variasi soal juga tetap akan diberlakukan pada tiap daerah. Variasi soal sebanyak 20 soal untuk tiap-tiap kelas ini merupakan sesuatu yang baru dalam penyelenggaraan UN. Adanya variasi soal ini bertujuan agar siswa lebih konsentrasi dalam mengerjakan soal.

"Bukan hanya substansi soal. Variasi soal juga tetap sama ada 20 dan pakai barcode," tandasnya.

Senin, Maret 25, 2013

Giliran sang Keong Emas yang mengganas

mgkin lg kangen ma INDUKnya kali ea.......hehehehe
Hanya dalam hitungan semalam atau 12 jam, belasan hektar sawah dikawasan Karang Dalo, Kecamatan Dempo Tengah rusak diserang hama keong emas. Petani pun merugi ratusan juta  karena harus melakukan penanaman benih kembali.

Pantauan dilapangan, belasan hektar sawah yang rusak juga terjadi  juga dikawasan ataran Pagaralam, Alun Dua. Hama keong merusak batang padi mulai dari pangkal hingga daun. Akibatnya, padi yang baru ditanam berumur satu minggu hingga sebulan rusak diserang hama.

Yanto (44) dan Sunanto (56), petani dikawasan Karang Dalo mengaku kewalahan akibat serangan hama keong emas tersebut. Apalagi, hama keong emas tersebut sangat sulit dibasmi. “Hama keong emas ini sangat sulit dibasmi. Kami sudah beberapa kali memberikan pestisida untuk membasminya. Namun, upaya tersebut tidak berhasil,’’ ujarnya yang terpaksa menaikan dosis pestisida.

Kesulitan petani juga disebabkan pestisida atau racun keong emas dipasaran saat ini habis.  “Sudah seminggu ini, racun keong emas habis dijual dipasaran. Akibatnya, petani kesulitan membasmi hama keong ini,” ujarnya.

Dikatakan bisa juga untuk memberantas hama keong dengan cara mengeringkan lahan. ‘’Namun, tidak bagi anak-anak keong dan telur yang melekat pada pangkal padi. Untuk itulah, diperlukan pestisida pembasmi keong ini,’’ ujarnya.

Terpisah Kepala Dinas Pertanian Pagaralam Jumaldi Jani SP MM mengatakan, pihaknya akan menerjunkan penyuluh untuk membantu petani. “Memang hama keong emas merupakan musuh utama petani yang menanam padi. Hama ini sangat mudah berkembang biak karena sekali bertelur akan mencapai ratusan anak. Untuk itulah, hama ini harus segera ditanggulangi agar hasil panen mendatang akan sesuai dengan harapan petani,” katanya.


berita terkait : Tanaman Padi Di Malunda Terserang Ulat
Hama Penggerek Batang Serang Padi Petani Dua Kecamatan di Maros

1.200 Maba UGM Kuliah Gratis

Berita gembira. Sebanyak 18 persen mahasiswa baru Universitas Gadjah Mada (UGM) akan berkuliah secara gratis. Beasiswa ini diberikan kepada para mahasiswa baru yang berhasil lolos seleksi dari berbagai jalur penerimaan.

Para mahasiswa baru yang akan menjadi sasaran program tersebut diutamakan berasal dari keluarga kurang mampu yang berhasil lolos dari berbagai macam seleksi. Bisa melalui pola seleksi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), maupun Ujian Mandiri UGM.

“Kita akan memberikan itu untuk mereka dari keluarga kurang mampu. Program ini nantinya kan didukung anggaran UGM dan CSR dari berbagai lembaga luar,” tutur Rektor UGM Pratikno, seperti dilansir oleh Okezone, Sabtu (23/3/2013).

Pratikno menambahkan, di luar pemberian beasiswa tersebut, UGM masih akan mengucurkan beasiswa bentuk lain sebesar 27 persen. Beasiswa ini tidak mengcover semua biaya, namun sebagian dari biaya kuliah di UGM. “Jadi kurang lebih 45 persen mahasiswa UGM tahun 2013 akan menerima subsidi beasiswa,” katanya.

Terkait pola penerimaan mahasiswa baru, Pratikno mengaku akan tetap mengacu pola kebijakan nasional. Apapun pola seleksi, SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandiri, UGM tetap berkonsenterasi menjaring mahasiswa berdasar kualitas, merepresentasikan sebaran wilayah, dan sebaran status sosial.

Dengan demikian, lanjutnya, pendidikan tinggi yang dipersepsikan hanya untuk orang yang berduit dapat dipatahkan. “Sehingga bukan hanya untuk mereka yang berada di Jogja dan sekitarnya dan bukan hanya untuk mereka yang kaya-kaya,” urai Pratikno.
Pratikno menuturkan, untuk penerimaan mahasiswa baru tahun ini, UGM memberikan perhatian yang besar terhadap pola sebaran 3T, yaitu mereka yang berada di wilayah terdepan, terluar, dan terbelakang. UGM akan terus mendorong hal itu, sekaligus mempromosikan agar mampu menggaet struktur sosial ekonomi yang beragam.

Oleh karena, itu, UGM menetapkan separuh kuota yang dimilikinya untuk diperebutkan para pelajar melalui SNMPTN. “Kanu tahun ini akan menerima sebanyak 6.646 mahasiswa baru dengan perbandingan SNMPTN, SBMPTN , dan UM UGM, 50 : 30 : 20,” imbuhnya

Minggu, Maret 24, 2013

Uang Kuliah Tunggal (UKT),Universitas Brawijaya (UB) Tahun Akademik 2013/2014

Uang Kuliah Tunggal (UKT), yang diberlakukan Universitas Brawijaya (UB) Malang mulai Tahun Akademik 2013/2014 paling rendah sebesar Rp 2,7 juta per semester.
Rektor UB Malang Prof Dr Yogi Sugito di Malang, Sabtu, mengemukakan, mulai Tahun Akademik 2013-2014 sudah tidak ada lagi uang pangkal (gedung) karena semua biaya, termasuk uang pratikum, dibayarkan bersamaan dengan SPP per semester, yakni UKT.

"Biaya terendah sebesar Rp 2,7 juta ini ada di Fakultas Hukum (FH) dan tertinggi ada di Fakultas Kedokteran (FK) yang mencapai Rp 21 juta per semester. Hanya saja, pengaturan UKT tersebut masih tetap mengacu pada SPP proporsional," kata Yogi Sugito, Sabtu (23/3/2013).

Menurut Yogi, dalam pembagian UKT proporsional itu ada lima kategori. Kategori tersebut untuk mengelompokkan orang tua siswa dengan pendapatan yang berbeda, semakin tinggi pendapatannya, maka akan masuk kategori tertinggi atau kategori I.
Ia mengatakan kebijakan baru (pemberlakuan UKT) tersebut berimplikasi semakin murahnya biaya masuk kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN) karena tidak ada lagi uang gedung (pangkal) yang wajib dibayarkan ketika daftar ulang.

Dekan Fakultas Kedokteran UB Malang Dr Karyono Mintaroem menjelaskan dengan adanya kebijakan UKT itu biaya pendidikan (kuliah) di FK menjadi lebih terjangkau, sebab pada 2013 hanya Rp 21 juta per semester.
Lima kategori biaya kuliah di FK UB per semester adalah mulai dari 0 rupiah, Rp 12 juta (kategori 4), Rp 17 juta (kategori 3), Rp 19 juta (kategori 2), dan Rp 21 juta untuk kategori 1.

"Meski biaya masuk FK ini menurun, mahasiswa atau orang tua mahasiswa tidak perlu khawatir jika kualitas perkualihan juga akan menurun, sebab kami telah berkomitmen akan tetap menjaga kualitas itu," kata Karyoto.
Hanya saja, katanya, menurunnya biaya kuliah di FK tersebut juga berdampak pada aktivitas pembangunan yang saat ini sedang dilaksanakan, seperti pembangunan laboratorium.
Namun demikian, katanya, hal itu bukan berarti pembangunan tidak bisa dilaksanakan sama sekali. Sebab, pihaknya tetap berharap pada dana hibah dari Dikti. "Kami akan cari dari dana hibah maupun kerja sama dengan korporasi," katanya.
Pada tahun-tahun sebelumnya, UB juga telah menerapkan SPP proporsional, namun untuk uang gedung (uang pakal) masih tetap dibayarkan. Rata-rata uang gedung tersebut di atas Rp 20 juta, tergantung program studi (prodi) yang diambil.

Sabtu, Maret 23, 2013

Belajar dari tukang laksa

Ilustrasi
Beberapa tahun lalu ada tukang laksa keliling lewat depan rumah.
Saya teringat dialog sederhana dengan tukang tukang laksa tersebut.
"Bang, laksanya kok gak pake ayam atau telor?" tanyaku,
"Emang gak pake ayam!" jawabnya.
"Oh, biasanya kalau di Mall saya makan laksa ada ayam atau telor rebus," responku santai sambil memberi informasi, mungkin dia mendapat inspirasi.
Ternyata bukan dapat terima kasih atas info berharga, si tukang laksa malah sesumbar (tidak marah, cuma sesumbur);
"Saya sudah 17 tahun jualan laksa keliling, dari dulu yang begini saja (komposisinya)!"
Wow, dia bangga dengan pengalaman 17 tahun dan dia bangga dengan tidak adanya perubahan dalam 17 tahun tersebut.
Dalam pikiran saya cuma menyimpulkan, ini mungkin sebabnya ia tidak mengalami perubahan selama 17 tahun dalam hidupnya, dan beberapa tahun selanjutnya.
Ia tidak mau menerima perubahan, ia tidak menerima ide baru, ia tidak menerima perbedaan.

PERUBAHAN memang bisa beresiko pada kemerosotan tapi juga mempunyai peluang untuk kemajuan drastis.
 
Ketika penjual laksa lain sudah buka kios, restoran atau berjualan di mall-mall, dia masih keliling kampung dan semakin sedikit peminatnya (karena selera masyarakat meningkat).
Bahkan sekarang saya hampir tidak pernah bertemu lagi dengannya. Bangkrut? Tidak tahu.
Penjual laksa hanyalah satu contoh, tapi ini bisa terjadi pada siapa saja, bidang apa saja.

Jika kita anti perubahan, maka dipastikan hidup kita begitu-begitu saja.
Lebih parah lagi jika kita tidak berubah sedangkan sekeliling kita berubah, maka kita ketinggalan zaman.
Perubahan adalah kepastian, kita harus selalu terbuka dengan perubahan.

Pastikan Anda selalu terbuka pada ide baru dan perubahan.

Jumat, Maret 22, 2013

Ahli Matematika Makin Dibutuhkan

Ilmu eksakta makin tahun makin memegang peranan penting. Bahkan kini muncul model pendidikan STEM, yaitu sains, teknologi, teknik, dan matematika, yang semuanya merupakan cabang dari ilmu eksakta. Model pendidikan ini dipercaya menjadi kunci sukses bagi anak-anak saat ini.

Franchise Division Director Eye Level Indonesia, Afan Suryadi, mengatakan bahwa dari riset yang dilakukan oleh National Science Foundation, sekitar 80 persen pekerjaan pada 10 tahun mendatang membutuhkan generasi yang ahli matematika dan ilmu pengetahuan serta melek teknologi.

"Dengan STEM ini tidak hanya sekadar meningkatkan kualitas hidup mereka nantinya, tapi juga meningkatkan daya saing SDM Indonesia di kancah dunia," kata Afan saat diskusi tentang pendidikan STEM di FX Lifestyle Center, Jakarta, Kamis (21/3/2013).

Terkait dengan perkembangan SDM Indonesia, ia menyebutkan bahwa saat ini pencapaian prestasi belajar siswa Indonesia menurun, khususnya di bidang sains dan matematika. Untuk bidang matematika, Indonesia berada di urutan ke-38 dari 42 negara dengan skor 386. Kemudian untuk bidang sains, Indonesia ada di urutan ke-40 dari 42 negara dengan skor 406.

"Padahal, kemampuan di bidang sains dan matematika ini akan semakin dibutuhkan nantinya. Karena itu, harus mulai diperkuat lagi agar prestasi Indonesia meningkat dan pasti diikuti dengan SDM yang berkualitas juga," jelas Afan.

Ia juga mengungkapkan bahwa dengan proses pendidikan STEM ini, anak-anak akan terdorong untuk mengasah kemampuan nalar dan berpikir kritis dalam memecahkan masalah. Selain itu, pendidikan ini juga membantu anak-anak untuk memahami isu yang lebih kompleks dan mencari solusi kreatif.

"Menguasai ilmu ini berarti mampu membuat keputusan dengan mempertimbangkan basic thinking dan critical thinking," tandasnya.

Kamis, Maret 21, 2013

POLITEKNIK MANUFAKTUR NEGERI BANDUNG (POLMAN-Bandung)


Sejarah singkat

Klik Show Nda
POLITEKNIK MANUFAKTUR NEGERI BANDUNG (POLMAN-Bandung) adalah Politeknik Negeri pertama di Indonesia yang dahulu bernama Politeknik Mekanik Swiss (PMS-ITB). POLMAN Bandung berdiri sejak tahun 1976 merupakan hasil kerjasama bilateral antara pemerintah RI dan pemerintah Konfederasi Swiss, yang dalam pelaksanaannya Pemerintah Indonesia diwakili oleh ITB dan Swisscontact mewakili Pemerintah Swiss yang berakhir pada tahun 1995. POLMAN Bandung adalah politeknik pertama di Indonesia yang diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Dr.Sjarif Thajeb pada tanggal 24 Maret 1977 meskipun angkatan mahasiswa pertama masuk tahun 1976.Pengembangan POLMAN Bandung selanjutnya dibantu melalui pendanaan dari pinjaman ADB dan Bank Dunia serta proyek-proyek DIP (DUE Like), IGI dan TPSDP. Sejak september 2002 POLMAN Bandung menambah penerimaan jumlah siswa sebanyak 24 orang di jurusan teknik manufaktur dan 24 orang di jurusan teknik otomasi manufaktur dan mekatronika melalui kerjasama dengan P3TKIM di Bandung. Pada tahun 2002 POLMAN Bandung terpilih sebagai salah satu pusat dari 5 pusat dalam program IGI yang membina 3 institusi yaitu P3TKIM, STT Tekstil dan SMKN 6, tujuan dari program ini adalah untuk meningkatan kompetensi dan produktivitas industri kecil menengah. POLMAN Bandung mendapatkan nilai akreditasi A untuk semua program studi dari BAN pada tahun 2002. Setelah satu tahun melakukan persiapan, akhirnya POLMAN Bandung berhasil meraih sertifikat ISO 9001 – 2000 dari KEMA untuk : Jasa Pendidikan Tinggi Perancangan & Manufaktur Produk Cor Logam, Perkakas Presisi, Mesin Produksi& Sistem Kendali. Selain itu juga POLMAN Bandung sudah menjalin kerjasama dengan Yayasan Indonesia Baru di Ceper, Klaten dalam tujuan untuk memperkuat industri kecil menengah pengecoran logam di Ceper. Untuk tujuan tersebut maka pada tahun ajaran 2003/2004 bulan tepatnya bulan september 2003, didirikanlah Politeknik Manufaktur Ceper, Solo. Sebagian besar Mahasiswa lulusan Politeknik Manufaktur Bandung (POLMAN Bandung) bekerja pada perusahaan atau industri manufaktur dan perminyakan. Industri tersebut ada yang merupakan perusahaan domestik dan perusahaan dengan modal asing. Jumlah permintaan lulusan POLMAN Bandung oleh industri tiap tahun terus mengalami peningkatan, hal tersebut dapat dilihat dari hasil pengamatan dari tahun 1998 sampai dengan tahun 2003, permintaan industri terhadap lulusan POLMAN Bandung rata-rata mencapai 150% dan prosentase tertinggi dicapai pada tahun 2003 sebesar 243%. Dengan mempertimbangkan prosentase kebutuhan industri terhadap lulusan, dapat disimpulkan bahwa lulusan POLMAN Bandung secara umum dapat diterima dengan baik di kalangan industri sebagai pengguna. Permintaan lulusan POLMAN Bandung oleh industri bermacam-macam, berikut beberapa proses pengambilan lulusan : Proses pengambilan lulusan oleh industri dengan melaksanakan presentasi yang dilaksanakan di POLMAN Bandung yang diikuti oleh seluruh mahasiswa semester akhir yang akan lulus D3 POLMAN Bandung, yang dilanjutkan dengan pengambilan calon pegawai. Permintaan lulusan dari industri melalui POLMAN Bandung dengan memasang pengumuman lowongan kerja yang dipasang di BAK (Bagian Administrasi Kemahasiswaan). Pendaftaran langsung oleh lulusan pada industri diluar yang terdaftar di POLMAN Bandung. Dari kondisi diatas POLMAN Bandung sebagai institusi pendidikan teknik perlu untuk terus menjaga keterpakaian lulusan di dunia industri dengan cara terus mengikuti perkembangan teknologi dan membentuk lulusan-lulusan D3 POLMAN Bandung yang berkualitas.

JURUSAN
Teknik Perancangan & Pengembangan Produk

Klik Show Untuk Membuka Spoiler
Program pendidikan Sarjana Sains Terapan Teknik Perancangan dan Pengembangan Produk bertujuan untuk menghasilkan tenaga profesional yang mampu : 1. Mengaplikasikan teknologi (IPTEK) perancangan dan manufaktur guna merealisasikan konsep rancangan menjadi produk yang berkualitas dan kompetitif secara efektif dan efisien, 2. Mensolusikan permasalahan teknik, dan keterampilan (hands-on skills) untuk menapaki karir sebagai seorang perancang dalam penerapan perancangan mesin dan perkakas presisi. Melalui pendekatan pendidikan yang terpadu, mahasiswa diberikan kesempatan mendalami pengetahuan dibidang rekayasa dan pengembangan produk dengan cara melibatkan mereka secara langsung kedalam proyek rekayasa dan perancangan produk serta proses produksi nyata. MATA KULIAH - Matematika Teknik - Mekanika Fluida - Mekanika Teknik - Konsep Teknologi - Bahasa Inggris - Kekuatan Bahan - Material Teknik - Metrologi dan Statistika Mutu - Teknologi Manufaktur - CAD / CAM - Kinematika dan Mekanisme - Perancangan Peralatan Lanjut - Perancangan Mesin Lanjut - Analisa dan Optimasi Perancangan - Bahasa Inggris - Penjaminan Mutu - Sistem Manufaktur - Ekonomi Teknik - Proses Perancangan Teknik dan Pengelolaan - Tugas Akhir

Teknik Manufaktur
VISI
Menjadi Jurusan yang Menghasilkan Tenaga Ahli Profesional, menjadi Pusat Unggulan Pendidikan Tenaga Ahli Profesional dan Menjadi Pusat Unggulan Penelitian, Pelatihan, Konsultasi Teknik Rekayasa Manufaktur yang Diakui secara Nasional dan Internasional.

MISI
1. Melaksanakan Pelayanan Pendidikan Berdasarkan Kebutuhan Industri Manufaktur;
2. Melaksanakan Pelayanan Produk (Barang dan Jasa), Pelatihan dan Konsultasi Teknik Rekayasa Berdasarkan
     Kebutuhan Industri Manufaktur dan Masyarakat;
3. Mengembangkan Penelitian Terapan yang Berhubungan Dengan Permasalahan Industri Manufaktur
     dan Masyarakat;
4. Membuat Lingkungan Akademik yang Cepat Tanggap Terhadap Perubahan dan Perkembangan Ilmu Pengetahuan
     dan Teknologi di Bidang Teknik Manufaktur;
5. Membuat Lingkungan Kerja yang Berdisiplin, Nyaman dan Beretos Kerja Tinggi yang Terukur.


Sumber Daya Manusia
Program Studi ME didukung oleh tenaga-tenaga berpengalaman lulusan pendidikan formal dalam dan luar negeri seperti POLMAN, ITB, Swiss, USA, dan Australia. Disamping itu juga beberapa tenaga pengajarnya mempunyai pengalaman industri di Swiss dan Jerman.

Program Pendidikan
1. Teknik Pembuatan Perkakas Presisi (Tool Making)
2. Teknik Pemeliharaan Mesin
     Keduanya menerapkan sistem PBL, seluruh proses pendidikannya
     berlangsung di kampus  POLMAN.
3. Teknik Mekanik Umum,
     menerapkan sistem 3-2-1 Kooperatif, dimana sebagian proses pendidikannya berada di
     industri, yaitu selama 2 (dua) semester.


Pelatihan
Menyediakan layanan pelatihan bagi karyawan industri dan umum dalam teknik manufaktur berbasis mekanikal baik hard maupun soft skills. Tersedia paket-paket pelatihan standar maupun yang disesuaikan dengan kebutuhan/permintaan pelanggan, mis. Teknik Pemeliharaan/Perbaikan Mesin termasuk Manajemen-nya. Fasilitasnya dilengkapi dengan permesinan berteknologi CNC dari berbagai jenis dan ukuran serta software CAM mutakhir, termasuk 3-D CMM.

Produksi dan Jasa
Pembuatan cetakan berbagai jenis, dies, jig & fixture, die casting, komponen presisi (tunggal dan rakitan) dan mesin-mesin untuk keperluan khusus, prototipe, retrofitting/pemeliharaan/perbaikan mesin produksi dan lain-lain, merupakan layanan-Iayanan publik yang menjadi salah satu perwujudan pengabdian kepada masyarakat.

Konsultasi dan Rekayasa
Layanan publik yang tersedia terbatas pada konsultasi dan rekayasa pengembangan pembuatan produk cetakan plastik, dies (press tool, die casting), jig & fixture, reverse-engineering, prototype, yang memberikan solusi menyeluruh mulai dari konsep dan optimasi proses, pemilihan alat bantu proses hingga prototipe produk. 


SELENGKAPNYA DISINI nDa

Rabu, Maret 20, 2013

Bidik Misi untuk Siswa SMA Unggulan CT Foundation di 16 PTN tahun 2013-2018

Sebanyak 16 universitas negeri di Indonesia menandatangani nota kesepahaman dengan SMA Unggulan milik CT Foundation untuk bersedia menerima lulusan dari sekolah ini lewat program bidik misi. Nota kesepahaman ini sendiri akan berlaku selama lima tahun sejak ditangani yaitu pada tahun 2013-2018.

Ketua Umum CT Foundation, Chairul Tanjung, mengatakan langkah ini dilakukan agar lulusan dari SMA Unggulan yang didirikannya ini dapat berkesempatan melanjutkan pendidikan tinggi tanpa harus mengeluarkan biaya. Pasalnya, anak-anak yang kini belajar di sekolah tersebut merupakan siswa dari keluarga miskin dan sebagian juga merupakan anak korban bencana Tsunami Aceh.

"Yang saat ini sekolah di tempat kami benar-benar siswa yang tidak mampu tapi cerdas. Penyeleksiannya juga ketat karena benar diverifikasi apakah anak tersebut benar tidak mampu," kata Chairul saat penandatanganan nota kesepahaman di Gedung A Kemdikbud, Jakarta, Selasa (19/3/2013).

Dengan perjanjian ini, pihaknya juga akan membantu Kemdikbud untuk memenuhi target mahasiswa program bidik misi yang tahun ini diperkirakan mencapai 50.000 mahasiswa. Pada tahun ini, sekolah yang dibangunnya di Medan  akan meluluskan sekitar 100 siswa untuk lanjut ke pendidikan tinggi.
"Cari yang benar miskin tapi cerdas itu tidak mudah. Kami akan dukung pemerintah untuk memenuhi target 50.000 mahasiswa bidik misi tersebut," jelas Chairul.

"Saat ini masih di Medan. Kami berencana membuka lagi di provinsi lain sehingga genap di 33 provinsi. Nantinya di tiap provinsi itu diarahkan untuk meneruskan pendidikan di universitas provinsi asal sehingga bisa merata," imbuhnya.

Adapun universitas yang ikut bekerja sama dengan SMA Unggulan CT Foundation ini antara lain adalah  
Universitas Sumatera Utara
Universitas Andalas
Universitas Indonesia
Universitas Sriwijaya
Institut Pertanian Bogor
Institut Teknologi Bandung
Universitas Negeri Yogyakarta
Universitas Padjajaran
Universitas Pendidikan Indonesia
Universiras Gadjah Mada
Institut Teknologi Sepuluh November
Universitas Airlanggan
Universitas Negeri Malang
Unversitas Diponegoro
Poltek Negeri Elektronika Surabaya 


sekilas informasi Penerimaan Mahasiswa Baru PENS
Daya tampung adalah keseluruhan dari 3 jalur yaitu PMDK, Bidik Misi dan UMPN

Jurusan
Program Studi
Jumlah Kelas
Jumlah Siswa
Teknik Elektronika
D3
2
60
D4
2
60
Teknik Telekomunikasi
D3
2
60
D4
2
60
Teknik Elektro Industri
D3
2
60
D4
2
60
Teknik Informatika
D3
2
60
D4
2
60
Teknik Mekatronika
D4
2
60
Teknik Komputer
D4
2
60
Multimedia Broadcasting
D3
2
60
Power Generation
D4
2
60
Teknologi Game
D4
1
30
                                                                Tiap kelas berisi 30 orang siswa

Poltek Negeri Manufaktur Bandung.

Bukti Kejeniusan Bacharuddin Jusuf Habibie

Bukti 1 : Penemu Teori Habibie
Pemakai dan produsen pesawat terbang sama-sama tidak tahu persis, sejauh mana bodi pesawat terbang masih andal dioperasikan. Akibatnya memang bisa fatal. Pada awal 1960-an, musibah pesawat terbang masih sering terjadi karena kerusakan konstruksi yang tak terdeteksi. Kelelahan (fatique) pada bodi masih sulit dideteksi dengan keterbatasan perkakas. Belum ada pemindai dengan sensor laser yang didukung unit pengolah data komputer, untuk mengatasi persoalan rawan ini.Titik rawan kelelahan ini biasanya pada sambungan antara sayap dan badan pesawat terbang atau antara sayap dan dudukan mesin. Elemen inilah yang mengalami guncangan keras dan terus-menerus, baik ketika tubuhnya lepas landas maupun mendarat. Ketika lepas landas, sambungannya menerima tekanan udara (uplift)yang besar. Ketika menyentuh landasan, bagian ini pula yang menanggung empasan tubuh pesawat. Kelelahan logam pun terjadi, dan itu awal dari keretakan (krack).Titik rambat, yang kadang mulai dari ukuran 0,005 milimeter itu terus merambat. Semakin hari kian memanjang dan bercabang-cabang. Kalau tidak terdeteksi, taruhannya mahal, karena sayapbisa sontak patah saat pesawat tinggal landas. Dunia penerbangan tentu amat peduli, apalagi saat itu pula mesin-mesin pesawat mulai bergantidari propeller ke jet. Potensi fatique makin besar.Habibie-lah yang kemudian menemukan bagaimana rambatan titik krack itu bekerja. Perhitungannya sungguh rinci, sampai pada hitungan atomnya. Oleh dunia penerbangan, teori Habibie ini lantas dinamakan krack progression.Dari sinilah Habibie mendapat julukan sebagai Mr. krack. Tentunya teori ini membuat pesawat lebih aman. Tidak saja bisa menghindari risiko pesawat jatuh, tetapi juga membuat pemeliharaannya lebih mudah dan murah.

Bukti 2 : Penemu Faktor Habibie
Sebelum titik krack bisa dideteksi secara dini, para insinyur mengantispasi kemungkinan muncul keretakan konstruksi dengan cara meninggikan faktor keselamatannya (SF). Caranya, meningkatkan kekuatan bahan konstruksi jauh di atas angka kebutuhan teoritisnya. Akibatnya, material yang diperlukan lebih berat. Untuk pesawat terbang, material aluminium dikombinasikan dengan baja. Namun setelah titik krack bisa dihitung maka derajat SF bisa diturunkan. Misalnya dengan memilih campuran material sayap dan badan pesawat yang lebih ringan. Porsi baja dikurangi, aluminium makin dominan dalam bodi pesawat terbang. Dalam dunia penerbangan, terobosan ini tersohor dengan sebutan Faktor Habibie.Faktor Habibie bisa meringankan operating empty weight (bobot pesawat tanpa berat penumpang dan bahan bakar) hingga 10% dari bobot sebelumnya. Bahkan angka penurunan ini bisa mencapai 25% setelah Habibie menyusupkan material komposit ke dalam tubuh pesawat. Namun pengurangan berat ini tak membuat maksimum take off weight-nya (total bobot pesawat ditambah penumpang dan bahan bakar) ikut merosot. Dengan begitu, secara umum daya angkut pesawat meningkat dan daya jelajahnya makin jauh. Sehingga secara ekonomi, kinerja pesawatbisa ditingkatkan.

Faktor Habibie ternyata juga berperan dalam pengembangan teknologi penggabungan bagian per bagian kerangka pesawat. Sehingga sambungan badan pesawatyang silinder dengan sisi sayap yang oval mampu menahan tekanan udara saat tubuh pesawat lepas landas. Begitu juga pada sambungan badan pesawat dengan landing gear jauh lebih kokoh, sehingga mampu menahan beban saat pesawat mendarat. Faktor mesin jetyang menjadi penambah potensi fatique menjadi turun.

Nich Mbah WIKI ikut nimbrung juga tentang Karya Habibie
  • Proceedings of the International Symposium on Aeronautical Science and Technology of Indonesia / B. J. Habibie; B. Laschka [Editors]. Indonesian Aeronautical and Astronautical Institute; Deutsche Gesellschaft für Luft- und Raumfahrt 1986
  • Eine Berechnungsmethode zum Voraussagen des Fortschritts von Rissen unter beliebigen Belastungen und Vergleiche mit entsprechenden Versuchsergebnissen, Presentasi pada Simposium DGLR di Baden-Baden,11-13 Oktober 1971
  • Beitrag zur Temperaturbeanspruchung der orthotropen Kragscheibe, Disertasi di RWTH Aachen, 1965
  • Sophisticated technologies : taking root in developing countries, International journal of technology management : IJTM. - Geneva-Aeroport : Inderscience Enterprises Ltd, 1990
  • Einführung in die finite Elementen Methode,Teil 1, Hamburger Flugzeugbau GmbH, 1968
  • Entwicklung eines Verfahrens zur Bestimmung des Rißfortschritts in Schalenstrukturen, Hamburger Flugzeugbau GmbH, Messerschmitt-Bölkow-Blohm GmbH, 1970
  • Entwicklung eines Berechnungsverfahrens zur Bestimmung der Rißfortschrittsgeschwindigkeit an Schalenstrukturen aus A1-Legierungen und Titanium, Hamburger Flugzeugbau GmbH, Messerschmitt-Bölkow-Blohm GmbH, 1969
  • Detik-detik Yang Menentukan - Jalan Panjang Indonesia Menuju Demokrasi, 2006 (memoir mengenai peristiwa tahun 1998)
  • Habibie dan Ainun, The Habibie Center Mandiri, 2009 (memori tentang Ainun Habibie)

Bukti 3 : suma cum laude ....Nda
Gelar doctor ingenieur-nya disabet dengan predikat suma cum laude pada 1965. Rata-rata nilai mata kuliahnya 10. Presatsi ini membuatnya dipercaya jadi Kepala Departemen Riset dan Pengembangan Analisis Struktur di Hamburger Flugzeugbau (HFB). Tugas utamanya adalah memecahkan persoalan kestabilan konstruksi bagian belakang pesawat Fokker 28. Luar biasa, hanya dalam kurun waktu enam bulan, masalah itu terpecahkan oleh Habibie.

Bukti 4 : Bikin Pesawat ....Coy
Ia meraih kepercayaan lebih bergengsi, yakni mendesain utuh sebuah pesawat baru. Satu diantara buah karyanya adalah prototipe DO-31, pesawat baling-baling tetap pertamayang mampu tinggal landas dan mendarat secara vertikal, yang dikembangkan HFB bersama industri Donier. Rancangan ini lalu dibeli oleh Badan Penerbangan dan Luar Angkasa Amerika Serikat (NASA).Hasil lainnyaantara lain pesawat terbang pertama buatan Indonesia CN-235 dan N-250.Pesawat Airbus A-300 yang diproduksi konsorsium Eropa (European Aeronautic Defence and Space) tak lepas dari sentuhan Habibie. Maklumlah dalam konsorsium ini tergabung Daimler, produsen Mercedes-Benz yang mengakuisisi MBB.

Bukti 5 : Jabatan di MBB
Tahun 1969 Habibie dilirik oleh Messerschmitt Boelkow Blohm Gmbh (MBB), industri pesawat terbesar yang bermarkas di Hamburg. Jabatan Vice President/Direktur Teknologi MBB disabetnya tahun 1974. Hanya Habibie-lah, orang diluar kebangsaan Jermanyang mampu menduduki posisi kedua tertinggi itu.

Bukti 6 : Penghargaan
Sedangkan dalam bentuk penghargaan, Habibie menerima Award von Karman (1992) yang di bidang kedirgantaraan boleh dibilang gengsinya hampir setara dengan Hadiah Nobel. Dan dua tahun kemudian menerima penghargaanyang tak kalah bergengsi, yakni Edward Warner Award. Beliau juga mendapat gelar Doktor Kehormatan (Doctor of Honoris Causa) dari berbagai Universitas terkemuka dunia, antara lain Cranfield Institute of Technology dan Chungbuk University.
penghargaan:

Bukti 7 : Jadi Presiden RI ke - 3 .....Broooo
Ini mungkin puncak karier beliau....

Masa jabatannya sebagai presiden hanya bertahan selama 512 hari. Meski sangat singkat, kepemimpinan Presiden Habibie mampu membawa bangsa Indonesiadari jurang kehancuran akibat krisis. Presiden Habibie berhasil memimpin negara keluar dari dalam keadaan ultra-krisis, melaksanakan transisi dari negara otorian menjadi demokrasi. Sukses melaksanakan pemilu 1999 dengan multi parti (48 partai), sukses membawa perubahan signifikan pada stabilitas, demokratisasi dan reformasi di Indonesia.




> Perlu juga untuk dibaca disini disini  or disini Juga
> Sumber

Selasa, Maret 19, 2013

10 Penemu paling Hebat dari Indonesia yang diakui Dunia

Negeri Kita Tercinta Indonesia ini ,disamping memiliki kekayaan alam yang luar biasa, juga memiliki kekayaan intelektual dari para rakyatnya yang kini, hasil penemuan dan inovasi mereka dipakai secara internasional dan mendunia.nyangka kan sob kalo yang nemuin anak bangsa,berikut ini adalah 10 penemu paling Hebat dari Indonesia diantara ribuan penemu Hebat Indonesia lainnya

1. Tjandramukti

Peneliti pertanian tropis dan salah satu pelopor mixed farming yang mengabdikan hampir seluruh hidupnya di desa ini, sekitar tahun 2000 berhasil menemukan varietas kedelai baru yang memiliki produktifitas yang tinggi, mencapai 3,4 ton per hektar (salah satu yang tertinggi di daerah tropis secara internasional ), dibandingkan rata- rata nasional yang hanya 1,3 ton per hektar.

Kedelai ini memiliki ukuran besar, protein yang tinggi (43,9 %), umur yang pendek (72 hari), dan memiliki kemampuan adaptasi yang baik di daerah tropis bila ditanam dengan best practice yang beliau kembangkan. Hasil pemurnian bertahun- tahun dalam keadaan yang terkontrol, pada akhirnya menghasilkan dua varietas kedelai unggul, yang pertama telah diserahkan kepada pemerintah daerah dan di daftarkan menjadi benih kedelai unggul nasional dengan nama Kedelai Grobogan, sedang varietas yang lain belum didaftarkan.

Selain kedelai, beliau juga menemukan konsep sumur resapan komunal untuk memanen air hujan di lahan persawahan serta metode optimalisasi tanaman subtropis di daerah tropis seperti ketela pohon, jagung, dan kedelai.
 
2. Mujair

Mujair adalah nama seorang bapak yang pada tahun 1939 menemukan ikan yang pada akhirnya dinamai dengan nama yang sama di muara sungai Serang, Blitar.Beliau berhasil mengembangbiakkan ikan yang bukan asli perairan Indonesia dan menjadi populer hingga sekarang. (baru tau ternyata mujair ntu nama orang ) pak mujair itu mengembangbiakkan ikan yang aslinya ikan laut menjadi ikan air tawar.




3. Prof. Poorwo Soedarmo

Anda pasti hapal apa itu Empat Sehat Lima Sempurna, suatu slogan yang sangat mudah diingat dan tidak dapat dipungkiri berhasil dalam menyehatkan masyarakat Indonesia.Slogan atau lebih tepatnya konsep ini dicetuskan oleh seorang tokoh gizi Indonesia kelahiran Malang pada tahun 1904 bernama Poorwo Soedarmo. (ini juga di SD udah terkenal slogannya tapi penemunya kok ane baru tau )

 
4. Tjokorda Raka Sukawati

Sistem pembuatan penyangga jalan layang secara sejajar dengan jalan yang akan dibuat, dan dapat diputar dengan mudah bila akan digunakan. Sistem ini menghemat tempat, sehingga tidak memacetkan lalu lintas di bawahnya bila sebuah jalan layang dibuat di atas jalan lain.



5. Prof. Ir. R.M. Sedyatmo


Lulusan ITB angkatan 1934 ini berhasil menemukan pondasi cakar ayam pada tahun 1962
Sistem pondasi ini memungkinkan pembangunan di atas lahan yang labil, seperti landasan pacu pelabuhan udara Soekarno Hatta, Jakarta, dan banyak bangunan lain di seluruh dunia.(dari Indonesia nih)




6. Mukibat

Pak Mukibat adalah petani sederhana dari Kediri ini pada tahun 1950 menemukan sistem penanaman singkong yang revolusioner. Beliau menempelkan batang ketela pohon karet yang daunnya rimbun di atas ketela pohon biasa (grafting). Setelah di tanam hasilnya sangat luar biasa. Dengan sistem pemanenan berulang, sebuah ketela pohon dapat memproduksi hingga 5 kali lipat dari yang biasanya. Untuk menghormati sistem tempel pada ketela pohon saat ini secara internasional dinamai sistem Mukibat, meskipun saat ini banyak orang mengaku- aku sebagai sistem mereka dengan sedikit modifikasi dari aslinya.

7. BJ HABIBIE

bapak habibie juga salah satu penemu besar dari indonesia
dia adalah penemu Teori, Faktor dan Metode Habibie (Teknologi Pesawat Terbang)


 

8. Michael Iskandar a.k.a Om Chia

Beliau menemukan Mesin Big Bang yang di pakai dan di sukai Valentino Rossi
Sejak tahun 1949, Om Chia menjadi pembalap yang membawa bendera Suzuki. Loyalitasnya pada profesi yang dijalani melahirkan keparcayaan dah hasil yang maksimal. Hingga akhirnya pada tahun 60-an Om Chia berputar haluan, namun tetap dalam koridor dunia balap dengan menjadi mekanik.

Sejak saat itu, karirnya terus meningkat dan terus berkreasi sesuai iklim balap Indonesia dan mengawal berbagai pembalap tanah air.Namanya yang dikenal sebagai pembalap Suzuki ditahun 1949, kemudian berlanjut menjadi bagian tim riset balap motor Suzuki di tahun 1963 dan juga sebagai tokoh dibelakang suksesnya prestasi balap motor Indonesia.Beliau meninggal 4 mei 2010


9. Prof. Dr. Khoirul Anwar


Prof. Dr. Khoirul Anwar adalah pemilik paten sistem telekomunikasi 4G berbasis OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing) adalah seorang Warga Negara Indonesia yang kini bekerja di Nara Institute of Science and Technology, Jepang.

Khoirul adalah lulusan dari Jurusan Teknik Elektro, Institut Teknologi Bandung dengan cum laude di tahun 2000. Meraih gelar master dan doktor dari Nara Institute of Science and Technology (NAIST) pada tahun 2005 dan 2008. Ia menerima IEEE Best Student Paper award of IEEE Radio and Wireless Symposium (RWS) 2006, California, USA.


10. Pak Minto

BERAWAL dari pemikiran, suatu saat kayu hutan dan minyak bumi akan habis. Minto(48), guru SD Negeri Prambon, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur(Jatim), memikirkan pembuatan kompor tenaga surya. Ketika itu tahun 1986.Pengetahuannya tentang sifat lensa dan penyerapannya terhadap panas mengilhami pembuatan kompor tenaga Matahari itu.

Minto mengakui, kompor tenaga surya berfungsi ganda yang dihasilkannya memang tidak praktis. "Memang perlu penyempurnaan, supaya lebih praktis," ujarnya. Kompor tenaga surya hasil buah karya Minto ini, tidak hanya dinikmati tetangga-tetangga dekatnya, tetapi juga oleh para pembelinya. Maukah CGI, World Bank, ADB atau UNDP membantu membiayai usaha2 Minto yang brilian ini.

Sumber

program studi SBMPTN 2013 di UNIVERSITAS NEGERI MEDAN


Nama PTN : UNIVERSITAS NEGERI PADANG 
Kelompok : SAINTEK
Kode. Nama. Ujian Keterampilan. Daya Tampung 2013. Peminat 2012. Syarat Fisik.
171011 PENDIDIKAN MATEMATIKA Tidak Ada 36 1248 Lihat
171025 MATEMATIKA (NK) Tidak Ada 15 244 Lihat
171033 PENDIDIKAN BIOLOGI Tidak Ada 36 1751 Lihat
171041 BIOLOGI (NK) Tidak Ada 15 355 Lihat
171055 PENDIDIKAN FISIKA Tidak Ada 36 717 Lihat
171063 FISIKA (NK) Tidak Ada 15 133 Lihat
171071 PENDIDIKAN KIMIA Tidak Ada 36 750 Lihat
171085 KIMIA (NK) Tidak Ada 27 185 Lihat
171093 PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN Tidak Ada 30 262 Lihat
171106 PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO Tidak Ada 30 268 Lihat
171114 PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA Tidak Ada 30 284 Lihat
171122 PENDIDIKAN TEKNIK MESIN Tidak Ada 30 365 Lihat
171136 PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF Tidak Ada 30 578 Lihat
171144 PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER Tidak Ada 45 2926 Lihat
171152 ILMU KEOLAHRAGAAN (NK) Pendidikan Jasmani
dan Olahraga
36 309 Lihat
171166 TEKNIK PERTAMBANGAN (NK) Tidak Ada 21 1308 Lihat
171174 TEKNIK ELEKTRO INDUSTRI (NK) Tidak Ada 30 329 Lihat


Kelompok : SOSHUM


Kode. Nama. Ujian Keterampilan. Daya Tampung 2013. Peminat 2012. Syarat Fisik.
172013 ADMINISTRASI PENDIDIKAN Tidak Ada 36 650 Tidak Ada Syarat
172021 PENDIDIKAN LUAR BIASA Tidak Ada 36 530 Tidak Ada Syarat
172035 TEKNOLOGI PENDIDIKAN Tidak Ada 36 879 Lihat
172043 PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH Tidak Ada 30 152 Lihat
172051 BIMBINGAN DAN KONSELING Tidak Ada 39 1763 Lihat
172065 PSIKOLOGI Tidak Ada 30 782 Lihat
172073 PGSD (PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR) Tidak Ada 75 4154 Lihat
172081 PG. PAUD (PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN USIA DINI) Tidak Ada 45 745 Lihat
172095 PENDD. BHS & SAST. INDO. & DAERAH Tidak Ada 33 1476 Lihat
172102 BAHASA & SASTRA INDONESIA (NK) Tidak Ada 21 424 Lihat
172116 PENDD. BHS INGGRIS Tidak Ada 33 1492 Lihat
172124 BAHASA & SASTRA INGGRIS (NK) Tidak Ada 21 365 Lihat
172132 PENDIDIKAN SENI RUPA Seni Rupa
dan Desain
36 95 Lihat
172146 PENDIDIKAN SENDRATASIK Sendratasik 36 318 Lihat
172154 PENDIDIKAN GEOGRAFI Tidak Ada 36 1023 Lihat
172162 PENDIDIKAN SEJARAH Tidak Ada 33 543 Lihat
172176 PENDIDIKAN SOSIOLOGI ANTROPOLOGI Tidak Ada 24 1125 Lihat
172184 PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKN) Tidak Ada 18 467 Lihat
172192 ILMU ADMINISTRASI NEGARA (NK) Tidak Ada 18 1002 Tidak Ada Syarat
172205 PENDIDIKAN EKONOMI Tidak Ada 18 1033 Lihat
172213 MANAJEMEN (NK) Tidak Ada 24 1427 Tidak Ada Syarat
172221 AKUNTANSI (NK) Tidak Ada 18 1668 Tidak Ada Syarat
172235 EKONOMI PEMBANGUNAN (NK) Tidak Ada 18 689 Tidak Ada Syarat
172243 PENDD. KESEJAHTERAAN KELUARGA Tidak Ada 30 229 Lihat
172251 TATA RIAS DAN KECANTIKAN (NK) Tidak Ada 24 130 Lihat
172265 PENJASKESREK Pendidikan Jasmani
dan Olahraga
90 973 Lihat
172273 PENDD. KEPELATIHAN OLAHRAGA Pendidikan Jasmani
dan Olahraga
60 944 Lihat
172281 GEOGRAFI (NK) Tidak Ada 30 331 Lihat
172295 MANAJEMEN PERHOTELAN (NK) Tidak Ada 36 639 Lihat
172302 DISAIN KOM. VISUAL (NK) Seni Rupa
dan Desain
30 164 Lihat
172316 PENDIDIKAN BAHASA JEPANG Tidak Ada 12
Lihat

Untuk syarat-syarat fisik tiap PRODI silahkan klik pada sumber nya

Senin, Maret 18, 2013

program studi SBMPTN 2013 di UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

Kelompok : SAINTEK


Kode. Nama. Ujian Keterampilan. Daya Tampung 2013. Peminat 2012. Syarat Fisik.
151015 PENDIDIKAN DOKTER Tidak Ada 50 4287 Lihat
151023 TEKNIK SIPIL Tidak Ada 27 1504 Tidak Ada Syarat
151031 TEKNIK MESIN Tidak Ada 27 1169 Tidak Ada Syarat
151045 TEKNIK ELEKTRO Tidak Ada 25 762 Lihat
151053 TEKNIK INDUSTRI Tidak Ada 27 1009 Tidak Ada Syarat
151061 TEKNIK KIMIA Tidak Ada 25 544 Lihat
151075 PENDIDIKAN DOKTER GIGI Tidak Ada 22 2372 Lihat
151083 MATEMATIKA Tidak Ada 45 536 Tidak Ada Syarat
151091 KIMIA Tidak Ada 45 399 Lihat
151104 FARMASI Tidak Ada 20 2480 Lihat
151112 FISIKA Tidak Ada 45 250 Tidak Ada Syarat
151126 ILMU KESEHATAN MASYARAKAT Tidak Ada 255 3584 Tidak Ada Syarat
151134 AGROEKOTEKNOLOGI Tidak Ada 130 1371 Tidak Ada Syarat
151142 KETEKNIKAN PERTANIAN Tidak Ada 30 1202 Tidak Ada Syarat
151156 BIOLOGI Tidak Ada 35 634 Tidak Ada Syarat
151164 AGRIBISNIS Tidak Ada 54 2391 Tidak Ada Syarat
151172 ILMU DAN TEKNOLOGI PANGAN Tidak Ada 33 518 Tidak Ada Syarat
151186 PETERNAKAN Tidak Ada 38 560 Tidak Ada Syarat
151194 ARSITEKTUR Tidak Ada 20 1124 Tidak Ada Syarat
151201 ILMU KEPERAWATAN Tidak Ada 80 1483 Tidak Ada Syarat
151215 KEHUTANAN Tidak Ada 80 1131 Tidak Ada Syarat
151231 ILMU KOMPUTER Tidak Ada 45 2871 Tidak Ada Syarat
151245 TEKNOLOGI INFORMASI Tidak Ada 45 2378 Tidak Ada Syarat
151253 MANAJEMEN SUMBER DAYA PERAIRAN Tidak Ada 39 520 Tidak Ada Syarat
151261 TEKNIK LINGKUNGAN Tidak Ada 15 585 Tidak Ada Syarat

Kelompok : SOSHUM


Kode. Nama. Ujian Keterampilan. Daya Tampung 2013. Peminat 2012. Syarat Fisik.
152011 ILMU HUKUM Tidak Ada 80 3585 Tidak Ada Syarat
152025 ILMU SEJARAH Tidak Ada 50 231 Tidak Ada Syarat
152033 ANTROPOLOGI SOSIAL Tidak Ada 60 354 Tidak Ada Syarat
152041 AKUNTANSI Tidak Ada 25 3449 Tidak Ada Syarat
152055 SOSIOLOGI Tidak Ada 60 692 Tidak Ada Syarat
152063 ILMU KESEJAHTERAAN SOSIAL Tidak Ada 60 375 Tidak Ada Syarat
152071 ILMU ADMINISTRASI NEGARA Tidak Ada 85 1933 Tidak Ada Syarat
152085 ILMU KOMUNIKASI Tidak Ada 75 1905 Tidak Ada Syarat
152093 MANAJEMEN Tidak Ada 25 3311 Tidak Ada Syarat
152106 EKONOMI PEMBANGUNAN Tidak Ada 20 1358 Tidak Ada Syarat
152114 ILMU POLITIK Tidak Ada 65 884 Tidak Ada Syarat
152122 SASTRA INDONESIA Tidak Ada 43 514 Tidak Ada Syarat
152136 SASTRA DAERAH UNTUK SASTRA MELAYU Tidak Ada 32 34 Tidak Ada Syarat
152144 SASTRA INGGRIS Tidak Ada 60 1100 Tidak Ada Syarat
152152 SASTRA DAERAH UNTUK SASTRA BATAK Tidak Ada 25 64 Tidak Ada Syarat
152166 SASTRA ARAB Tidak Ada 32 74 Tidak Ada Syarat
152174 ETNO MUSIKOLOGI Seni Musik 50 109 Tidak Ada Syarat
152182 SASTRA JEPANG Tidak Ada 57 374 Tidak Ada Syarat
152196 ILMU PERPUSTAKAAN Tidak Ada 60 533 Tidak Ada Syarat
152203 SASTRA CINA Tidak Ada 55 143 Tidak Ada Syarat
152225 ILMU ADMINISTRASI NIAGA/BISNIS Tidak Ada 95 1988 Tidak Ada Syarat
152233 PSIKOLOGI Tidak Ada 35 1412 Tidak Ada Syarat
Untuk syarat-syarat fisik tiap PRODI silahkan klik pada sumber nya