Laman

ucapan

Sabtu, Agustus 27, 2011

Kamis, Agustus 25, 2011

SOAL SOAL ROTASI (PERPUTARAN) SMA

belajar lagi dulu tentang teori2 transformasi yg dikaitkan dengan Matrik nak.
nich ada 14 halaman dalam bentuk PDF......silahkan di download dulu disini


Buat tambahan wawasan Nda

Selasa, Agustus 23, 2011

SOAL SOAL TRANSLASI

Latihan soal - soal Translasi

Download teorinya dulu akh.......sebelum kita latihan - latihan soal,
Klik aja disini Nda
Nach klo sudah di download pelajari n pahami dulu......baru kita fight ke soal-soalx.

Senin, Agustus 22, 2011

MATRIK TRANSFORMASI SMA _ TRANSLASI

Setelah qt mengetahui konsep - dasar transformasi
maka qt dapat mempresentasikan nya
dalam bentuk - bentuk MATRIK
sebagai operator transformasinya.

TRANSLASI

Oleh Transformasi T titik P(x,y) mempunyai hasil/bayangan/peta P'(x',y')
dapat ditulis menjadi :


atau dapat ditulis

jadi : x' = x + h dan y' = y + k
atau dapat ditulis x = x' - h dan y = y' - k

Minggu, Agustus 21, 2011

TRANSFORMASI SMA

Transformasi yang akan qt bahas adalah :
> Translasi (Pergeseran)
> Refleksi (Pencerminan)
> Rotasi (Perputaran) &
> Dilatasi ( Perkalian)

Untuk memahami dan menghayati arti geometri dari transformasi diatas sebaikknya kamu banyak latihan soal n banyak mempraktekkan, untuk itu sebaiknya kamu punya beberapa alat peraga seperti :
*) Penggaris (baik yg lurus maupun yang segitiga)
*) buku kotak2 (kertas milimeter)
*) Jangka
*) Busur

Bagi yang pgen belajar lewat video silahkan klik Link-Link berikut
> BASIC TRANSFORMATION
> KONSEP TRANSLASI 
> CONTOH PROBLEM TRANSLASI - 01 
> CONTOH PROBLEM TRANSLASI - 02
> CONTOH PROBLEM TRANSLASI - 03


> KONSEP REFLEKSI
> CONTOH PROBLEM REFLEKSI - 01
> CONTOH PROBLEM REFLEKSI - 02
> CONTOH PROBLEM REFLEKSI - 03
> CONTOH PROBLEM REFLEKSI - 04


> KONSEP ROTASI
> CONTOH PROBLEM ROTASI - 01
> CONTOH PROBLEM ROTASI - 02
> CONTOH PROBLEM ROTASI - 03
> CONTOH PROBLEM ROTASI - 04


VIDEO KONSEP DARI KOMPOSISI TRANSFORMASI .....klik disini
Disini juga disediakan CONTOH problem nya dari problem 01 sd problem 04

Sabtu, Agustus 20, 2011

MUDAHNYA belajar MATRIK pake wolfram alfa

mASIH asik dengan  wolfram alfa
qt akan maenan tentang Matrik.
Langsung aja kita akan menghitung determinan n invers matrik
kita ketik pada kotak dialog di wolfram alfa seperti gni Nda
inv {{10, -9, -12}, {7, -12, 11}, {-10, 10, 3}}
trus enter maka akan muncul













  >Nich ada teori ringkas lagi tentang Matrik.......
       silahkan download disini
   > video-video tentang materi matrik
      *) operasi matrik
      *) determinan dan Invers
      bisa dinikmati di YOUTUBE prens

Jumat, Agustus 19, 2011

MUDAHNYA MELUKIS KURVA


Kita ketik WOLFRAM ALFA pada search di Mbah Google
akan muncul berbagai macam pilihan
kita pilih /klik aja : Wolfram|Alpha: Computational Knowledge Engine
setelah muncul kotak dialog diatas ketik aja


> misal kita ingin melukis kurva
   plot x^4-4*x^2 kemudian tekan enter or PRESS =
   maka muncullah......
 
 jika pgen tau titik maximum or minimum dari fungsi diatas
 kita tinggal ketik min x^4-4x^2 (pada kotak dialog nya) maka akan muncul

sekarang qt akan coba mencari TI-POT <Titik potong>
antara kurva y =x^2 dan y=x^4-4x^2
cba ketik pada kotak dialog wolfram : y =x^2 , y=x^4-4x^2 trus enter n lihat hasilnya.....
woooooh wonderfull

Grafik kedua kurva
Hasil TIPOT kedua kurva

trus gmana klo kita pgen ngitung integral fungsi diatas dari nol sd 2
iyya kita ketik :
integrate x^4-4x^2 dx from x=0 to 2 and hasilnya

 INGAT : Perhitungan diatas bukan ngitung LUAS lho coy.......

Kamis, Agustus 18, 2011

SOAL SOAL MATRIK SERI TIGO



SOal - soal matrik buat latihan LAGi ada disini 
SOAL - SOAL LATIHAN MATRIK LAGI ada disini 

#. Diketahui matrik 
    
    
    adalah......

#. Nilai (x - y) yang memenuhi persamaan :
    

#. Diketahui :
    

#. Diketahui 
    
    

#. Diketahui matrik ordo 2 A dan B dengan :
    
    JIka A.P =B maka matrik P sama dengan ....

#. Diketahui :
    



Rabu, Agustus 17, 2011

LATIHAN SOAL - MATRIK SMA KLS XII part kale

#. Jika perkalian matrik
    
    maka matrik hasil matrik
    

#. Jika diketahui Matrik
    .
    maka nilai determinan dari matrik
    

#. 
    maka a + b + c + d = .....

Selasa, Agustus 16, 2011

LATIHAN SOAL - MATRIK SMA KLS XII

#. Diketahui :
    
    i.  Tentukan Invers matrik A
    ii. Jika A.B = C maka tentukan nilai x dan y  
       ( dinyatakan dalan sin t, cos t , x' dan y' )

#. Tentukan matrik X , Jika X adalah matrik ordo 2
    
     
    

#. Cobalah selesaikan sistem persamaan linear dibawah ini
    dengan cara Matrik dan dengan pertolongan diagram
    Cartesius jelaskan bahwa kamu tidak dapat memperoleh
    penyelesaiannya
                

#. Carilah invers dari matrik  kemudian selesaikan
    sistem persamaan linear dibawah ini :
    
    
    


Sabtu, Agustus 13, 2011

MATRIK - MATEMATIKA SMA KELAS XII SEMESTER 1



APAKAH MATRIK ITU.....
baca dulu dech disini 

kata mbah wiki :
MATRIKS : adalah kumpulan bilangan berbentuk persegi panjang yang disusun menurut baris dan kolom. Bilangan-bilangan yang terdapat di suatu matriks disebut dengan elemen atau anggota matriks.
Dengan representasi matriks, perhitungan dapat dilakukan dengan lebih terstruktur. Pemanfaatannya misalnya dalam menjelaskan persamaan linier, transformasi koordinat, dan lainnya. Matriks seperti halnya variabel biasa dapat dimanipulasi, seperti dikalikan, dijumlah, dikurangkan dan didekomposisikan.

Teori rangkas tentang matrik dapat di download di Ziddu 
LATIHAN SOAL MATRIK DAPAT DIDOWNLOAD DISINI 
10 SOAL & PEMBAHASAN MATRIK DALAM BENTUK PPT : KLIK DISIN

Jumat, Agustus 12, 2011

PROGRAM LINEAR _MATEMATIKA SMA SEMESTER 1

Soal - soal PROLIN yang pernah di munculkan di SPMB/UMPTN/SNMPTN 


TETAP SEMANGAT NDA......
TETAP SEMANGAT REK.....


TRUS...TRUS ...BELAJAR
LEBIH PANDAI LAGI

#. Nilai Maxiemum dari (20x+8y) untuk x dan y yang memenuhi
    
    adalah ....
    A. 408                                              D. 480
    B. 456                                              E. 488
    C. 464

#. Nilai Miniemum dari f(x,y) = x + y yang memenuhi syarat :
    
    adalah.......
    A. 8/5                                                D. 14/5
    B. 11/5                                              E. 17/5
    C. 13/5

#. Rokok A yang harga belinya Rp. 1000 dijual Rp.1100 per bungkus,
    sedangkan Rokok B yang harga belinya Rp. 1500 dijual Rp.1700 per bungkus.
    Pedagang rokok tersebut mempunyai modal Rp. 300.000 dan kiosnya
    dapat menampung paling banyak 250 bungkus rokok.
    Keuntungan akan Maxiemum jika pedagang tersebut membeli....
    A. 150 bungkus rokok A dan 100 bungkus rokok B
    B. 100 bungkus rokok A dan 150 bungkus rokok B
    C. 250 bungkus rokok A dan 200 bungkus rokok B
    D. 250 bungkus rokok A  saja
    E. 200 bungkus rokok B saja

#. Nilai Maxiemum f(x,y) = 5x + 10y pada daerah yang diarsir
    adalah.....
    A. 60
    B. 40
    C. 36
    D. 20
    E. 16

#. Nilai Maxiemum dari (x + y) yang memenuhi syarat-syarat :
    
    adalah.....
    A. 6                                              D. 9
    B. 7                                              E. 10
    C. 8

#. Daerah yang diarsir pada gambar dibawah ini
    adalah himpunan semua (x,y) yang memenuhi :