Laman

ucapan

Sabtu, Maret 09, 2013

10 besar triliuner yang berasal dari perusahaan teknologi:

Forbes kembali merilis daftar triliuner terkaya di dunia. Total keseluruhan kekayaan para triliuner itu diperkirakan mencapai US$5,4 triliun, setara Rp52.300 triliun. Super fantastis. Angka ini meningkat 15 persen dari tahun kemarin. Super fantastis.

Di bidang teknologi, pada tahun 2012, 15 orang terkaya mengumpulkan total kekayaan bersih mencapai US$272,6 miliar, setara Rp2.640 triliun.

Tahun ini, diperkirakan total kekayaan para triliuner teknologi tersebut meningkat delapan persen menjadi US$295,2 miliar, atau Rp2.859 triliun. Sebelas orang diestimasi meningkat kekayaannya dari tahun ke tahun, sementara empat orang lain menurun.

Di tahun 2013 ini, dari 1.426 triliuner yang terdaftar, 95 orang berasal dari perusahaan teknologi, 148 orang dari sektor perusahaan keuangan, dan 138 dari sektor perusahaan jasa.

Berikut daftar 10 besar triliuner yang berasal dari perusahaan teknologi:
 
1. Bill Gates
Bill Gates
Saat ini Bill Gates memiliki total kekayaan bersih berjumlah US$67 miliar, atau setara Rp649 triliun. Tahun ini, total kekayaannya meningkat US$6 miliar, setara Rp58,1 triliun. Kekayaannya ini didapat dari perusahaan Microsoft.

Selain itu, sebagian kekayaannya tersebar di ekuitas swasta, obligasi, saham di perusahaan Ecolab, saham di TV Televisa di Meksiko, dan saham di perusahaan minuman Femsa di Amerika Latin.

Bill Gates adalah salah satu miliuner yang paling dermawan. Ia telah menyumbangkan uangnya sebesar US$28 miliar, atau setara Rp271 triliun, untuk kegiatan Bill & Melinda Gates Foundation.

2. Larry Ellison
Larry Ellison
Total kekayaan bersih dari pemilik Oracle Corporation ini mencapai US$43 miliar, setara Rp416 triliun. Pada tahun lalu, Larry Ellison menjadi orang terkaya ketiga di Amerika Serikat. Namun, ia dikenal sebagai orang yang berfoya-foya membeli real estate.

Pada bulan Juni tahun lalu, ia membeli 98 persen pulau Lanai di Hawaii dari David Murdock. Diperkirakan pembelian pulau itu mencapai US$500 juta, atau Rp4,8 triliun, terdiri dari 226 km luas tanah, dua resort, dan beberapa perumahan.

Penyebab kekayaannya bertambah adalah karena saham Oracle Corporation selalu naik 20 persen dari tahun ke tahun.

3.Jeff Bezos
CEO Amazon Jeff Bezos memperkenalkan dua Kindle Fire HD
Pemilik Amazon.com ini memiliki total kekayaan bersih mencapai US$25,2 miliar, atau setara Rp247 triliun. Lonjakan kekayaan ini disebabkan karena harga saham perusahaannya meningkat 40 persen. Tahun ini, kekayaannya diperkirakan bertambah US$6,8 miliar, atau Rp65,8 triliun.

4. Larry Page
Saat ini total kekayaan bersih pendiri Google ini mencapai US$23 miliar. Bertambahnya kekayaan Larry Page disebabkan oleh pendapatan perusahaannya yang mencapai US$50 miliar, setara Rp484 triliun. Tahun ini kekayaannya diramalkan bertambah US$4 miliar, atau Rp38,7 triliun.

Kemungkinan kekayaan Larry Page akan terus meningkat, seiring naiknya popularitas mesin pencarian Google, yang semakin luas digunakan pada perangkat mobile.

5. Sergey Brin
Sergey Brin
Sebagai salah satu pendiri Google, yang memiliki jabatan Direktur Proyek Mountain View, Sergey Brin dilaporkan memiliki total kekayaan bersih mencapai US$22,8 miliar, atau setara Rp220 triliun.
Berbeda dengan Larry Page, sebagian besar tugas Sergey Brin adalah mengawasi perkembangan operasional Google. Ia pun kerapkali terjun langsung dalam pengembangan proyek Google, seperti Google Glass dan mobil-mobil robot yang dikontrol tanpa menyetir.

 6. Michael Dell



Pemilik perusahaan Dell Inc ini memiliki total kekayaan bersih sebesar US$15,3 miliar, setara Rp148 triliun. Total kekayaan ini didapatnya dari saham perusahaan yang terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir di Wall Street.

7. Steve Ballmer

CEO Microsoft Steve Ballmer mempresentasikan Office 2013

Meskipun terus menuai kritik tajam terkait turunnya pamor Windows, kekayaan CEO Microsoft ini masih terbilang besar, yaitu berjumlah US$15,2 miliar, atau Rp147 triliun.

Penjualan PC yang terus merosot telah membuat saham perusahaan terus menurun. Sejak lima tahun terakhir, saham perusahaannya merosot 1,32 persen.

8. Paul Allen



Total kekayaan bersih pendiri Microsoft ini mencapai US$15 miliar, atau Rp145 triliun. Pendapatannya diperoleh dari bisnis di bidang real estate, teknologi, dan energi. Namun, kekayaannya terus menurun. Dia telah menjual real estate dan beberapa saham perusahaannya kepada Bill Gates.

9. Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg selalu memakai kasu favoritnya

Mark Zuckerberg adalah yang termuda di jajaran triliuner di bidang teknologi. Di usianya yang menginjak 28 tahun, kekayaan bersih pemuda ini mencapai US$13,3 miliar, setara Rp128 triliun.

Sejak membuat keputusan Facebook menjadi go public, kekayaan pemuda ini terus bertambah. Namun, sejak Februari lalu, saham Facebook turun 30 persen. Saat ini, Zuckerberg mulai mengembangkan iklan Facebook di perangkat mobile, yang bertujuan untuk mendongkrak kembali nilai saham Facebook.

10. Azim Premji


Total kekayaan bersih pemilik Wipro Limited ini mencapai US$11,2 miliar, setingkat Rp108 triliun. Menurut Forbes, Azim Premji termasuk dalam empat orang terkaya yang paling dermawan. Dia bersama Bill Gates aktif menyumbangkan uangnya untuk tujuan kemanusiaan. Tahun ini, kekayaannya diramalkan bertambah US$4 miliar, setara Rp38,7 triliun.

Kekayaan Larry Page diperkirakan akan terus meningkat, karena mesin pencarian Google mulai banyak digunakan pada perangkat mobile. (

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentar ANDA