Laman

ucapan

Jumat, Desember 21, 2012

48 SMA ter BLACKLIST Universitas Brawijaya di SNMPTN 2013


Sebanyak 48 SMA di sejumlah daerah masuk daftar hitam Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur, karena telah memalsukan data, sehingga tahun ini tidak mendapatkan jatah untuk masuk kampus tersebut.

"Tahun lalu, ke-48 SMA itu telah memalsukan data siswanya agar bisa diterima di UB melalui jalur undangan. Dari 48 SMA ini tidak satu pun yang berasal dari Kota Malang," kata Rektor UB Yogi Sugito di Malang, Kamis (20/12).
Yogi mengemukakan, indikasi kecurangan dan pemalsuan data siswa tersebut diketahui ketika ada siswa yang berprestasi, tapi tidak didaftarkan oleh sekolahnya. Namun, ada siswa (temannya) yang tidak berprestasi atau ranking justru didaftarkan dan diterima di UB.

Ia mengakui, tidak semua sekolah melakukan input data siswa yang salah itu dilakukan dengan sengaja. Memang ada yang sengaja dan ada pula yang tidak disengaja, namun UB tetap memasukkan sekolah tersebut dalam daftar hitam, sehingga tahun ini tidak ada kuota untuk SNMPTN jalur undangan.

Lebih lanjut Yogi mengatakan, SNMPTN 2013 memberikan porsi lebih besar untuk seleksi dari jalur undangan, yakni mencapai 50% dari kuota keseluruhan dan sekolah juga bisa secara bebas mendaftarkan siswanya karena tidak ada pembatasan persentase seperti tahun-tahun sebelumnya.

Ia mengakui, pada 2011, jumlah siswa yang bisa didaftarkan tergantung dari status akreditasi sekolah bersangkutan. Namun demikian, pihaknya tetap memberlakukan sejumlah kriteria dalam proses seleksi calon mahasiswa dari jalur undangan tersebut.

Sejumlah kriteria yang menjadi acuan itu di antaranya adalah berdasarkan rata-rata skor SNMPTN secara nasional, rata-rata indeks prestasi komulatif (IPK) siswa yang saat ini kuliah di UB, akreditasi sekolah bersangkutan serta popularitas sekolah berdasarkan data dari Disdik masing-masing daerah.

"Dari sejumlah kriteria itu, kami yakin sekolah-sekolah yang selama ini kualitas dan akreditasinya bagus tetap akan mendominasi. Namun, tidak menutup kemungkinan sekolah nonfavorit pun juga mampu bersaing dengan sekolah favorit," tandasnya.

SNMPTN melalui jalur seleksi rapor (jalur undangan) 2013 kuotanya akan diperbesar hingga 50%. Dan tahapan SNMPTN 2013 sudah dimulai dengan PengisianPangkalan Data Siswa (PPDS) sejak Senin (17/12) dan akan berakhir pada 8 Februari 2013
sumber
 
baca juga beritanya lagi disini

4 komentar:

  1. You can observe your coronary heart level with both of
    those pulse grip sensors and a wireless chest strap.

    Feel free to surf to my web-site: Personal Site

    BalasHapus
  2. The location with the working treadmill is a further crucial
    actuality to think about, take a small time for you to think exactly where you'd take pleasure in using it one of the most.

    my blog post ... adjustable dumbbell sets

    BalasHapus
  3. Would you personal the power ninety severe DVD exercise routine,
    and they are wanting for good training bands to make use of with them, or perhaps straight up need to workout inside the
    comfort within your have household.

    Feel free to visit my site adjustable dumbbell set

    BalasHapus
  4. Additionally, you will be capable to discover coupons and websites
    that offer free of charge shipping that's another good technique to save money.

    my website - adjustable dumbbells

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan dan komentar ANDA