Laman

ucapan

Rabu, Oktober 10, 2012

Nobel FISIKA 2012

Metrotvnews.com
Stockholm:
Rabu, 10 Oktober 2012 01:00 WIB
 
Anugerah Nobel 2012 bidang Fisika diberikan kepada dua peneliti asal Prancis dan Amerika Serikat. Peneliti Prancis, Serge Haroche, dan David Wineland dari Amerika Serikat meraih Nobel dengan penelitian kuantum optik.

Pengumuman peraih penghargaan itu dilakukan di Stockholm, Swedia, Selasa (9/10). Keduanya akan akan berbagi hadiah senilai 1,2 juta dolar AS.

Dua lelaki yang sama-sama berusia 68 tahun itu diganjar Nobel karena berhasil menemukan cara untuk memanipulasi material partikel individual yang berukuran sangat kecil untuk mengobservasi perilaku aneh. Penelitian ini berguna untuk mengembangkan 'komputer kuantum' yang dioperasikan dengan matematika.

Dengan 'komputer kuantum', mereka bisa melakukan kalkulasi yang lebih rumit dengan data yang lebih luas dari komputer klasik. Tapi, hal itu hanya mungkin dilakukan jika perilaku partikel individual bisa diobservasi.

"Partikel individual tidak mudah dipisahkan dari lingkungannya, dan mereka akan kehilangan kuantum misterius segera setelah mereka berinteraksi," jelas Komite Nobel.

"Dan melalui metode laboraturium cerdik Haroche dan Wineland, mereka mampu menemukan cara mengukur dan mengontrol kuantum yang sangat rapuh. Sebelumnya kami tak mampu mengobservasi langsung. Metode baru ini juga memungkinkan mereka untuk melakukan uji kontrol dan menghitung partikel," kata Komite Nobel.

Komite Nobel mengungkapkan kedua fisikawan menggunakan pendekatan berbeda untuk penelitiannya. Wineland menggunakan partikel cahaya atau foton untuk mengukur dan mengontrol partikel materi atau elektron, sedangkan Haroche menggunakan elektron untuk mengontrol dan mengukur foton.

Keduanya pun tampak sumringah ketika diberitahu akan meraih penghargaan bergengsi itu. Kepada BBC, Haroche mengatakan sedang berjalan kaki ketika mendapat pemberitahuan tentang keberhasilannya meraih Nobel.

"Saya beruntung, saya sedang di jalan dan melewati sebuah bangku di dekat situ, jadi saya bisa langsung duduk. Saya sedang berjalan pulang bersama istri saya dan saya lihat nomor telepon Swedia dan menyadari hal itu nyata dan Anda tentu tahu, ini tentu amat menggembirakan," kata Haroche.

Dia baru mendapat pemberitahuan sekitar 20 menit sebelum pengumuman resmi oleh Akademi Sains Kerajaan Swedia di Stockholm.

Anugerah Nobel diadakan setiap tahun sejak 1901 untuk mengenang ilmuwan Swedia, Alfred Nobel. Anugerah ini diberikan kepada para pegiat di bidang kedokteran, fisika, kimia, kesusastraan, ekonomi, dan perdamaian.

Untuk bidang fisika, Nobel pertama kali diberikan kepada Wilhelm Rontgen dari Jerman yang menemukan sinar X. Ditambah dua pemenang tahun ini, maka jumlah peraih Nobel Fisika sudah mencapai 194 peneliti.

Pada Senin (8/10), Komite Nobel juga telah memberikan anugerah bidang Kedokteran kepada John Gurdon dari Inggris dan Shinya Yamanaka dari Jepang dengan penelitian sel punca (stem cell).

Adapun Nobel untuk bidang Kimia akan diumumkan Rabu 10 Oktober disusul dengan Nobel Perdamaian pada akhir pekan. (BBC/Rtr/Wrt3)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentar ANDA