Laman

ucapan

Selasa, Oktober 16, 2012

Nobel 2012 untuk Ekonomi

STOCKHOLM
KOMPAS.com 

Royal Swedish Academy of Sciences di Stockholm, Swedia, Senin (15/10/2012), menetapkan dua ahli ekonomi asal AS, Alvin Roth and Lloyd Shapley sebagai peraih Nobel Ekonomi 2012. Keduanya menciptakan teori yang bisa membantu menyelaraskan suplai dan permintaan. Teori mereka ini bisa diterapkan dalam bidang kesehatan, pendidikan, dan internet.
Kedua warga AS tersebut diberi penghargaan atas "teori alokasi stabil dan praktik desain pasar". Menurut panitia Nobel, hasil karya mereka bisa membantu menyelaraskan donor organ tubuh manusia dengan pasien yang membutuhkan transplantasi, atau mahasiswa dengan universitas, atau internet dalam mencari ruang yang tersedia untuk pemasang iklan.
Roth yang berusia 60 tahun adalah profesor pada Harvard Business School di Boston, Massachussets. Sementara Shapley, berusia 89 tahun, adalah professor emeritus pada Universitas California.
Dengan penghargaan yang diraih dua ahli ekonomi asal AS, para ahli ekonomi AS mendominasi peraih Nobel Ekonomi dalam 10 tahun terakhir. Tercatat ada 20 ahli ekonomi yang meraih Nobel Ekonomi dalam 10 tahun dan 17 di antaranya dari AS termasuk dua warga AS keturunan Israel.
Roth dan Shapley akan menerima hadiah  diploma Nobel dan medali emas serta uang 8 juta kronor Swedia atau sekitar Rp 10 miliar. Upacara penyerahan akan berlangsung di Stockholm pada 10 Desember mendatang. Tanggal ini merupakan peringatan kematian Alfred Nobel, tokoh industri Swedia yang juga menciptakan hadiah bergengsi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentar ANDA