Laman

ucapan

Rabu, April 10, 2013

Soal Ujian Nasional tiap kelas pun berbeda.

Ujian nasional kali ini memiliki perbedaan dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu terdapat 20 variasi soal untuk satu kelas sehingga tidak ada yang akan mendapatkan soal yang sama dalam satu kelas. Namun, ternyata tidak berhenti di situ, soal antar kelas pun dibuat berlainan.
Kepala Pusat Penerangan Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hari Setiadi mengatakan bahwa antara kelas A dan kelas B bisa jadi soalnya juga berbeda karena jumlah variasi paket soal setiap provinsi sebanyak 30 buah. Namun, dalam ruangan kelas tetap ada 20 variasi paket soal yang digunakan.
"Misalkan ada 20 orang maksimum di kelas itu, ya, 20 soal berbeda. Namunn, kan, tidak hanya 20 paket kalau untuk keseluruhannya," kata Hari di Kemdikbud, Jakarta, Rabu (10/4/2013).
"Jadi, kemungkinan, satu ruang ujian dengan ruang ujian sebelahnya berbeda juga. Kalaupun sama juga tidak terlalu identik," imbuh Hari.
Meski naskah soal UN memiliki banyak paket, pihak penyelenggara tetap meyakinkan bahwa tingkat kesulitannya tetap sama antara satu soal dan soal yang lainnya. Komposisi soalnya sendiri terdiri dari 70 persen soal sedang, 20 persen soal sulit, dan 10 persen soal mudah.
"Semuanya dibuat rata. Tidak akan ada siswa yang dapat soal banyak yang sulit, sementara yang lain dapat soal banyak yang mudah," kata Hari.
UN 2013 untuk jenjang SMA/SMK/MA/SMALB akan digelar pada 15 April. Penyelenggaraan UN kali ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia antara jenjang formal dan jenjang kesetaraan atau paket C, tidak seperti tahun yang lalu.

2 komentar:

Terima kasih atas kunjungan dan komentar ANDA