Laman

ucapan

Sabtu, Februari 16, 2013

Universitas Sebelas Maret 2013

Universitas Sebelas Maret (UNS Solo) dalam beberapa tahun terakhir mengalami perkembangan yang pesat menuju World Class University, baik dalam kancah percaturan perguruan tinggi di Indonesia maupun dalam penilaian standar perguruan tinggi secara internasional yakni versi Webometric rangking 883 dunia, 30 terbaik Asia Tenggara, 9 terbaik Perguruan Tinggi Indonesia, dan termasuk dalam 200 Top University di benua Asia/rangking 171 THES QS Asia, tahun 2011 mendapatkan anugerah 2 (dua) bintang dari QS-STARS, dengan dua indikator diantaranya telah mendapatkan empat bintang, yaitu: tingkat penyerapan lulusan dan kelengkapan serta kualitas sarana prasarananya, dan secara nasional termasuk 50 Promising University versi Dikti dan Menurut pemeringkat 4International Colleges and Universities (4ICU) menyebutkan bahwa UNS menempati peringkat 7 nasional.
Kondisi ini menunjukkan bahwa UNS telah mulai mampu bersaing di tataran nasional dan internasional. Capaian peringkat universitas ini, akan lebih memacu pelaksanaan program strategik UNS dalam Delapan Keunggulan Pengembangan, dengan penerapan budaya kerja UNS Active (Achievement Orientation, Customer Satisfaction, Team Work, Integrity, Visionary, dan Entrepreneurship).
Universitas yang berdiri pada tahun 1976 ini, kini memiliki 9 Fakultas dengan 54 program studi Sarjana, dan 37 program studi Pascasarjana (S-2 dan S-3), dengan didukung 1.582 dosen tetap (di antaranya 1.114 bergelar S-2 dan 245 doktor).

Pada tahun 2013 ini UNS membuka pendaftaran mahasiswa baru:

  1. Program Sarjana dengan kapasitas daya tampung 5.485 melalui:
    1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), dengan kapasitas daya tampung 50% setiap prodi,
    2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dengan kapasitas daya tampung 40% setiap prodi, dan
    3. Seleksi secara mandiri dengan kapasitas daya tampung 10% setiap prodi melalui Ujian Masuk Perguruan Tinggi (UMB-PT).
  2. Program Diploma dengan Kapasitas daya tampung 2.135 melalui:
    1. Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK), dengan kapasitas daya tampung 75% setiap prodi,
    2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dengan kapasitas daya tampung 25% setiap prodi, dan
  3. Program Pascasarjana
    1. Program Magister (S-2)
    2. Program Doktor (S-3)
  4. Program Pendidikan Profesi
    1. Program Pendidikan Profesi Dokter Spesialis (PPDS)
    2. Program Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk)
Sebagai perguruan tinggi papan atas di Indonesia, UNS peduli pada mahasiswa yang breprestasi tetapi kurang mampu dengan memberikan beasiswa lebih dari 4.477 mahasiswa pada tahun 2011 dan telah tersalur dana sekitar 20 milyar rupiah yang bersumber dari dana UNS Solo dan kerjasama dengan lebih dari 20 institusi pemberi beasiswa baik dari kalangan swasta maupun pemerintah, diantaranya berasal dari beasiswa Bidik Misi untuk 1.020 mahasiswa tahun angkatan 2012.

Persyaratan khusus 
    I. Jalur SNMPTN
  1. Setiap peserta dapat memilih 2 (dua) program studi yang serumpun, siswa atau peserta SMA/SMK/MA/MAK IPA memilih program studi kelompok IPA dan SMA/SMK/MA/MAK IPS/Bahasa memilih program studi kelompok IPS, kecuali Program Studi PGSD Guru Kelas, Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Pend. Kepelatihan Olahraga boleh dipilih dari Siswa SMA/SMK/MA/MAK IPA dan IPS.
  2. Memenuhi persyaratan nilai rata-rata rapor tiap semester >= 7,5 atau 75 tanpa ada nilai <= 5,0 atau 50 , kecuali untuk Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi dan Pendidikan Kepelatihan Olahraga serta Pendidikan Seni Rupa boleh >= 7,0 atau 70. Khusus untuk program studi sebagai berikut:
    1. Ilmu Hukum, Akuntansi, Manajemen, Ekonomi Pembangunan, nilai mata pelajaran Matematika tidak ada nilai <= 5,0 atau 50.
    2. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan dan Rekreasi dan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, nilai mata pelajaran Olahraga minimal 7,0 atau 70.
    3. Pendidikan Seni Rupa, nilai mata pelajaran Seni Rupa/Menggambar minimal 7,0 atau 70.
  3. Setiap peserta dapat menyertakan Portofolio Prestasinya, jika peserta mempunyai prestasi di bidang:
    1. Olahraga atau Seni di tingkat Nasional (Juara I, II, atau III) yang diselenggarakan KONI, POPSI dan atau institusi/badan yang sesuai dengan bidangnya (pada 2 tahun terakhir).
    2. Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang diselenggarakan oleh institusi/badan yang berkompeten dan memiliki kredibilitas tinggi (pada 3 tahun terakhir).
    3. Hafidzul Qur’an (Penghafal Al Qur’an, minimal 10 juz) yang dinyatakan dengan ”sertifikat tahfidz” dari lembaga berkompeten dan memiliki kredibilitas tinggi (pada 3 tahun terakhir).
  4. Memenuhi persyaratan kesehatan yang tidak mengganggu kelancaran belajar di program studi pilihannya:
    1. Untuk Program Studi: Arsitektur, Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK), Teknik Kimia, Kimia, Kriya Seni (Desain Tekstil), Seni Rupa Murni (Seni Lukis, Grafis, Patung, Keramik), Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Pendidikan Kimia, Pendidikan Seni Rupa, dipersyaratkan tidak boleh buta warna keseluruhan, tidak boleh buta warna sebagian.
    2. Untuk Program Studi: Pendidikan Dokter, Teknik Sipil, Teknik Industri, Agroteknologi/Agroekoteknologi, Agribisnis, Peternakan, Ilmu dan Teknologi Pangan, Fisika, Biologi, Pend. Fisika, Pend. Biologi, dipersyaratkan tidak boleh buta warna keseluruhan, boleh buta warna sebagian.
    3. Untuk Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, dan Pend. Kepelatihan Olahraga, dipersyaratkan Tinggi Badan minimal Putra 160 cm, sedangkan tinggi badan Putri minimal 155 cm.

    II. Jalur PMDK Diploma
  1. Prestasi Akademik
    Nilai Rerata Rapor Setiap Semester
    IPA: >= 7,0 (tanpa ada nilai <= 5)
    IPS: >= 7,0 (tanpa ada nilai <= 5 pada kelas XII smt 1)
  2. POR dan Seni
    1. Nilai Rerata Rapor Setiap Semester >= 6,0
    2. Prestasi bidang Olahraga di tingkat Nasional (Juara I, II, atau III) yang diselenggarakan KONI dan atau POPSI (pada 2 tahun terakhir).
  3. Prestasi Khusus *
    1. Nilai Rerata Rapor Setiap Semester
      IPA: >= 7,0 (tanpa ada nilai <= 5)
      IPS: >= 7,0 (tanpa ada nilai <= 5 pada kelas XII smt 1)
    2. Prestasi bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang diselenggarakan oleh institusi/badan yang berkompeten dan memiliki kredibilitas tinggi (pada 3 tahun terakhir).
    3. Hafidzul Qur'an (Penghafal Al Qur'an, minimal 10 juz) yang dinyatakan dengan "sertifikat tahfidz" dari lembaga berkompeten dan memiliki kredibilitas tinggi (pada 3 tahun terakhir).
    *) Siswa pemenang Lomba Kompetensi SMK Se Jawa Tengah (Juara I), dan pemenang Lomba Kompetensi SMK Se Indonesia/Nasional (Juara I, II, III, dan Harapan) dapat diterima pada Jalur PMDK Prestasi Khusus setelah dilakukan proses verifikasi berkas, kesesuaian pilihan program studi, dan ketersediaan kuota setiap program studi  
        Program studi di Universitas Sebelas Maret untuk S1 dapat dilihat disini
        Program studi di Universitas Sebelas Maret untuk D3 dapat dilihat disini


1 komentar:

  1. Thankfulness to my father who informed me on the topic of this weblog,
    this webpage is in fact amazing.

    My website laser cellulite treatment

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan dan komentar ANDA