Laman

ucapan

Senin, Februari 11, 2013

Peringkat Universitas Airlangga Naik




Awal 2013 ini, peringkat Universitas Airlangga (Unair) versi Webometrics meningkat. Peringkat Unair secara nasional berada di posisi 10 besar Indonesia. Di tingkat Asia Tenggara menempati urutan ke-32 dan peringkat dunia ke-929.

Sebelumnya, berdasarkan data Webometrics per Juli 2012, Unair menempati peringkat ke-11 nasional. Peringkat di Asia Tenggara, Unair menempati peringkat ke-35 dan peringkat dunia ke-988.
Ketua Pusat Informasi dan Humas (PIH) Unair MG Bagus Ani Putra di Surabaya, Kamis(7/2/2013), membenarkan peringkat Unair versi Webometrics naik awal 2013.

Ketua Badan Perencanaan dan Pengembangan (BPP) Unair Tjitjik Srie Tjahjandarie mengatakan, yang perlu diapresiasi adalah kenaikan peringkat dunia versi Webometrics yang signifikan dari tahun 2012, dari ke-988 menjadi ke-929.
Kenaikan peringkat versi Webometrics tersebut karena penataan sistem informasi (SI) di lingkungan Unair yang sudah dilakukan secara gradual mulai strata satu (S-1). Penataan S-1 di Unair dikembangkan melalui Universitas Airlangga Cyber Campus (UACC) di bawah naungan Direktorat Sistem Infomasi (DSI) Unair.
Lebih lanjut Tjijik menjelaskan, untuk 2013, Unair akan mengembangkan website matahari. "Web matahari akan menjadi pusat data di Unair," ungkapnya.
Web berkonsep matahari ditargetkan selesai semester satu tahun ini atau sekitar Juni. Nantinya, data dosen dan kepakaran di Unair akan dijadikan arsip digital, dan diintegrasikan melalui web tersebut. Melalui penataan S-1 itu, ke depan, peringkat Webometrics Unair diprekdisikan akan terus meningkat.
"Prediksinya akan naik terus melalui penataan S-1 yang baru itu," katanya.

Webometrics merupakan salah satu versi pemeringkatan perguruan tinggi di dunia. Parameter yang menjadi penilaian Webometrics, yaitu Size (S), Visibility (V), Rich Files (R), dan Scholar (Sr).
Size adalah jumlah halaman yang ditemukan di mesin pencari dan Visibility adalah jumlah tautan eksternal. Sementara Rich Files adalah volume data yang ada di suatu perguruan tinggi, dan Scholar jumlah tulisan ilmiah.

Berdasarkan situs webometrics.info per Januari 2013, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (peringkat ke-1)
Institut Teknologi Bandung (peringkat ke-2)
Universitas Indonesia (peringkat ke-3)
Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (peringkat ke-8)
Universitas Padjadjaran Bandung (peringkat ke-9)  
Unair berada pada posisi ke-10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentar ANDA