Laman

ucapan

Sabtu, Februari 09, 2013

Universitas Pendidikan Ganesha beri jatah 50 persen pada jalur SNMPTN 2013



UniversitasPendidikan Ganesha (Undiksha) memberikan jatah 50 persen kepada mahasiswa baru S-1 melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri.
"Kapasitas penerimaan mahasiswa baru tidak jauh dengan tahun lalu yang mencapai 2.370 orang, belum termasuk mahasiswa S-2 dan Diploma," kata Rektor Undiksha Prof Nyoman Sudiana di Singaraja, Kabupaten Buleleng, Jumat (8/2/2013).

Menurut dia, setiap tahun Undiksha menerima sekitar 2.500 hingga 3.000 orang mahasiswa baru, baik melalui jalur nasional maupun jalur mandiri. Untuk jalur nasional itu terbagi dalam dua kategori, yakni SNMPTN dengan kuota 50 persen dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sebanyak 30 persen.

Untuk jalur mandiri melalui Penulusuran Minat, Bakat, dan Kemampuan (PMBK) salah satu perguruan tinggi negeri di Bali itu menjatah 20 persen. "Kriteria kelulusan SNMPTN berdasarkan nilai rapor dan prestasi. Tetapi bagi siswa yang sudah lulus SNMPTN ternyata tidak lulus ujian nasional, kelulusannya akan dibatalkan. Pendaftaran secara online dan gratis. Sedangkan SBMPTN itu jalur penerimaannya 100 persen lewat ujian tertulis," ujarnya.
Sudiana menambahkan bahwa pendaftaran melalui SNMPTN dibuka pada 1 Februari-8 Maret 2013, sedangkan proses seleksi pada 9-27 Mei 2013 dan pengumuman hasil seleksi pada 28 Mei 2013.

"Jadwal tes SBMPTN secara resmi memang belum keluar, tetapi dalam rencana awal dijadwalkan pada 11-12 Juni 2013 atau bersamaan dengan pendaftaran ulang bagi siswa yang sudah lulus SNMPTN," ujarnya.

Untuk penerimaan mahasiswa lewat PMBK, lanjut dia, kriteria penerimaannya merupakan gabungan antara sistem dalam SNMPTN dengan SBMPTN. PMBK berdasarkan nilai rapor dan prestasi serta hasil ujian tulis.

Jika dibandingkan dengan kuota penerimaan mahasiswa pada tahun sebelumnya, saat itu 40 persen dari mahasiswa baru diterima melalui jalur mandiri dan 60 persen melalui jalur nasional.

Lulusan SMA/SMK yang hendak melanjutkan pendidikan di Undiksha lebih banyak berminat pada jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Teknik Informatika, dan PGSD.

Undiksha juga memiliki program D-3 Perhotelan, Managemen Informatika, Teknik Elektro, Akutansi, Analisis Kimia, dan Bahasa Inggris. 


Catatan tambahan
Fakultas / Faculty


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentar ANDA