Laman

ucapan

Jumat, Januari 13, 2012

UNAIR - JALUR UNDANGAN 2012


SURABAYA– Universitas Airlangga (Unair) memastikan bakal membuka jalur undangan pada seleksi mahasiswa baru tahun ini. Kepastian tersebut disampaikan Rektor Unair Prof Fasichul Lisan saat ditemui di ruang kerjanya Selasa (10/1).
”Ini tahun pertama kami menyelenggarakan jalur undangan,” katanya. Dia menjelaskan, tahun lalu pihaknya tidak membuka jalur tersebut karena merasa belum siap. Sebab, menurut Fasich, untuk menyeleksi peminat jalur undangan, dibutuhkan perangkat yang cukup banyak.
Wakil Rektor I Unair Prof Achmad Syahrani mengungkapkan, pemberitahuan yang mepet adalah salah satu alasannya. ”Tahun lalu kami hanya memiliki waktu sebulan. Itu jelas tidak memungkinkan untuk melakukan persiapan,” katanya.
Fasich menambahkan, tahun ini pihaknya menyiapkan kuota 40 persen untuk jalur undangan. Alokasi tersebut
sama dengan jatah untuk jalur mandiri. Sementara dari tes tulis, Unair hanya menyediakan 20 persen. Pendaftaran jalur undangan dibuka pada 1 Februari hingga 8 Maret. Calon mahasiswa bisa melihat pengumumannya di website Unair. Proses seleksi dilaksanakan pada 9 Maret sampai 15 Mei, sedangkan pengumuman seleksi masuk tanpa tes tersebut bisa diketahui pada 25 Mei. Fasich menuturkan, sehari sebelum pengumuman, hasil ujian nasional SMA selesai. ”Kami berharap, dalam waktu sehari itu bisa sekalian memasukkan hasil ujian nasional,” tambahnya.
Menurut dia, proses seleksi jalur undangan memang tidak menggunakan tes. Jalur tersebut menggunakan penilaian melalui portofolio. Fasich menjelaskan, di Indonesia sistem itu belum terlalu familier sehingga membutuhkan persiapan yang cukup lama untuk bisa mengaplikasikannya. Namun, lanjut dia, mekanisme menggunakan portofolio itu cenderung lebih fleksibel. ”Jadi, pemerataan pendidikan bisa dilakukan. Sebab, banyak pertimbangan yang bisa digunakan untuk menilai dari portofolio itu,” tambahnya.
Meski begitu, dia menegaskan tetap melihat aspek akademis sebagai bahan pertimbangan utama. (RADAR)



AGENDA yang diambil dari sumbernya

SNMPTN JALUR UNDANGAN
KEGIATANWAKTU
Pendaftaran1 Februari - 8 Maret 2012
Seleksi9 Maret - 15 Mei 2012
Pengumuman25 Mei 2012



SNMPTN TES TULIS
KEGIATANWAKTU
Pendaftaran10 - 21 Mei 2012
Tes Tulis12- 13 Juni 2012
Tes Ketrampilan14- 15 Juni 2012
Pengumuman7 Juli 2012





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentar ANDA