Laman

ucapan

Sabtu, Januari 07, 2012

Perlukah cara cepat alias trik di matematika ?

Masih banyak diantara siswa-siswa sekarang masih mempertanyakan cara cepat/triks menyelesaikan soal-soal matematika.
Memang pada masa aq dulu SMA banyak sekali Bimbel yg menawarkan n mendemokan cara-cara cepat tersebut guna menjaring siswa agar masuk di Bimbelnya, Alhasil bagi mereka yang senang cara-cara instan tersebut merasa kecewa karena memang tidak semua bab di Matematika itu dengan mudahnya di bim-sala-bim teyus ketemu jawabannya.
Nurut aq cara cepat itu justru bisa menyesatkan penggunanya jika dia g teliti , karena untuk jenis tipe INI triknya INI n type soal ITU triknya pake yang ITU, g bisa kita sama ratakan type soal INI pake trik yang ITU.....lagian kalo dicermati untuk tes-tes Matematika (model soalnya) seperti di Zaman sekarang yang di butuhkan adalah penguasaan rumus-rumus dasar, belum lagi dari keseluruhan jumlah soalnya, ada berapa sich yang dapat di trik .....?.
Jaman aku dulu SMA adja nurut info yang dengar n aku rasakan sendiri pas ikut SIPENMARU(baca=SNMPTN) itu cuma 10% adja nak.....so dari 180 soal kan cuma 18 soal adja , trus yang 162 soal gmana ....? trus misal cuma 18 soal yang benar ....apa bisa masuk ke jurusan pilihan kita ?.....akh mustahil rasanya........ngimpi klo boleh ku bilang.
Kalo dipikir pikir cara cepat adalah justru cara untuk siswa yg lebih mengerti akan konsep2 dasar dulu, terlalu bahaya jika punya buku pinter yg berisi2 trik2 tp g ada pemandunya.
Aq jika dikelas akan melihat keadaan medan yang aq hadapi....sekiranya siswa nya bisa diajak cepat setelah aq terangkan konsep2 dasarnya n soal yang dihadapi qt kerjakan cara konsep maka aq ajarkan cara-cara cepat...itupun jika ada cara cepatnya, jika g ada ya g maksain.    Gak mungkin aq ajarkan langsung cara-cara cepat. ..........Bersambung

2 komentar:

  1. Kalo berusaha pasti bisa. Dulu saya malas-malas belajar matematika makanya buta bangat ni. Coba aja dulu aku rajin belajar....!!! hufttt

    BalasHapus
  2. thanks nda......kudune kyak gtu memang

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan dan komentar ANDA