Halaman

ucapan

Kamis, Januari 03, 2013

UNAS SMA 2013 digelar 15 sd 18 April

Ujian Nasional (Unas) jenjang SMA/SMK/MA 2013 akan serentak digelar selama empat hari pada 15 - 18 April 2013.
Saat ini, seluruh siswa diminta mempersiapkan diri dengan baik. Apalagi diperkirakan pelajaran kelas IX SMP dan XII SMA sudah akan berakhir Februari.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Harun menyampaikan bahwa perubahan mendasar pada pelaksanaan Unas 2013 adalah adanya 20 paket soal dalam setiap ruang ujian. "Ini yang perlu dicamkan oleh sekolah dan siswa. Satu ruang ujian berisi 20 siswa dengan 20 paket soal sekaligus," terang Harun, Rabu (26/12/2012).
Paket soal ini berbeda dibanding tahun lalu yang terdiri dari lima paket soal berbeda dalam setiap ruang ujian. Selain itu, hasil Unas akan diakomodir sebagai variabel pertimbangan masuk PTN. Utamanya jalur tanpa tes, Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN).

"Selebihnya sama. Termasuk kriteria kelulusan tahun ini dengan 2013 nanti tetap mengacu pada nilai akhir. Yakni gabungan nilai Unas dengan bobot 60 persen dan nilai sekolah (rapor) 40 persen," jelas Harun.Gabungan nilai Unas dan nlai sekolah (rapor dan ujian sekolah) disebut nilai akhir.  
Syarat siswa dinyatakan lulus jika nilai akhir ini rata-rata paling rendah 5,5. Selain itu, tak boleh ada satu pun mata pelaran di bawah 4,00.

"Sekolah dan siswa tak perlu panik. Sebab, Unas besok tidak akan lari jauh dari mata pelajaran yang selama ini sudah diberikan. Akan ada kisi-kisi menyangkut ujian akhir ini. Mau berapa paket soal, siapkan diri dengan baik," pinta Harun.

Dalam pelaksanaan Unas dengan 20 paket soal berbeda ini, tetap akan ada dua pengawas. Baik dari unsur perguruan tinggi dan Dinas Pendidikan. "Ingat, yang penting bagi siswa adalah jangan lupa menulis kode paket soal pada lembar jawabab. Lembar ini akan discan," kata Harun.

Diperkirakan, peserta Unas SMP/MTs dan SMA/SMK/MA tewrmasuk SD di Jatim lebih dari 1,5 juta siswa.......SUMBER

> Baca juga berita terkait disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentar ANDA