Halaman

ucapan

Sabtu, Januari 26, 2013

FMIPA ITS


Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)

Berdiri sejak tahun 1965. Pada awalnya, Fakultas ini bernama FIPIA (Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam) yang diresmikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 72 Tahun 1965 yang memiliki 2 jurusan, yaitu Fisika dan Matematika. Kemudian pada tahun 1983, ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) mengalami perubahan struktur organisasi yang mengakibatkan ITS memiliki 5 Fakultas dan nama FIPIA berubah menjadi FMIPA dengan 4 jurusan, yaitu Fisika, Matematika, Statistika, dan Kimia. Pada tahun 1998, di FMIPA berdiri Program Studi Biologi, sehingga saat ini FMIPA ITS memiliki 5 (lima) jurusan, yaitu : Fisika, Matematika, Statistika, Kimia, dan Biologi. Program pendidikan yang diselenggarakan oleh FMIPA ITS meliputi Program D3, Program S1, Program S2, dan Program S3.
Staf pengajar berjumlah 173 orang, yang terdiri dari 14 Profesor, 18 Doktor, 104 Master, 35 Sarjana. Jumlah tenaga kependidikan 97 orang, terdiri dari 63 PNS dan 34 tenaga honorer. Sampai dengan wisuda yang ke-103, FMIPA telah menghasilkan 3437 lulusan, terdiri dari: 325 Ahli Madya, 2299 Sarjana,  812 Magister Sains, dan 1 Doktor.
Pada tahun akademik 2010/2011, FMIPA ITS memiliki mahasiswa sebanyak 2352 orang, terdiri dari :
  • Program D3  =   237   Mahasiswa
  • Program S1  = 1816   Mahasiswa
  • Program S2  =   263   Mahasiswa
  • Program S3  =     36   Mahasiswa.
Sesuai dengan tujuan pendidikan tinggi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FMIPA ITS diharapkan mampu memproduksi sumber daya manusia yang memiliki kemampuan mengembangkan logika berfikir matematis, berfikir secara analitis dan dapat mengambil kesimpulan secara ilmiah serta mampu mengungkapkan perilaku alam melalui penelitian ilmiah. Dengan kata lain sumber daya manusia yang dihasilkan oleh FMIPA ITS diharapkan memiliki kualifikasi:
  • Mampu menerapkan dan mengembangkan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Mampu menghasilkan berbagai gagasan ilmiah dalam penerapan dan pengembangkan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.
Kerangka acuan program pendidikan di fakultas adalah perkiraan mengenai peran para lulusan dalam kegiatan pembangunan masyarakat Indonesia di waktu ini dan di masa mendatang, baik dalam konteks Pembangunan Nasional, maupun pengembangan ilmu pengetahuan. Pendidikan sarjana di lingkungan fakultas bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang ahli dalam bidang pengetahuannya, yang mampu mengembangkan dirinya secara mandiri, memiliki sikap seorang ilmuwan yang tanggap terhadap tuntutan lingkungannya, serta berkemampuan untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan lapangan pekerjaannya.

Lulusan FMIPA ITS bekerja di berbagai jenis lapangan pekerjaan yang meliputi : bidang pendidikan, lembaga riset/litbang, industri,  lembaga pemerintahan dan menjadi entrepreneur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentar ANDA